Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Mengenal Komunitas Pertanian Sariagri Indonesia

Menjadi seorang petani dan pekebun adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Mengapa saya menyebutnya seperti ini? karena bercocok tanam sayur mayur dan buah-buahan bisa kita mulai dari lingkungan rumah hingga ke area perkebunan yang luas, terbatas, atau di persawahan. Jika kita melakukan kegiatan berkebun di rumah maka bisa memulainya dengan bercocok tanam seperti vertikultur, hidroponik, atau menanam tanaman apotek hidup yang biasanya saya lakukan seperti menanam jahe. Karena menanam jahe ini sangat mudah dilakukan asalkan kita tahu caranya.

Btw, di era yang serba digital saat ini sangat memungkinkan kita untuk mudah sekali dalam mencari akses informasi berita, video, hingga komunitas diskusi seputar pertanian.

Dan beberapa waktu lalu saya baru tahu jika ada sebuah Komunitas Pertanian Sariagri Indonesia yang saya temukan di internet. Tentunya semakin penasaran saja saya dengan komunitas satu ini. Sehingga karena saking penasarannya ini akhirnya saya mulai menelusuri informasi melalui websitenya yaitu https://sariagri.id/.

Nah, untuk teman-teman tipspetani.com yang juga baru saja mengenal komunitas Sariagri ini, maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan saya di bawah ini, sehingga kita bisa sama-sama tahu tentang komunitas ini sehingga kita bisa saling belajar bersama di bidang pertanian.

Apa Itu Komunitas Pertanian Sariagri Indonesia?

Sumber gambar: https://pertanian.sariagri.id/

Ketika saya mengulik isi website Pertanian Sariagri Indonesia ini, maka saya baru tahu kalau komunitas ini memang mempunyai arah dan bergerak di bidang pertanian. Memiliki tagline “Media Berita Pertanian dan Perkebunan Terlengkap dan Terdepan” mempunyai sasarannya adalah untuk para petani tulen, petani milenial dan gen-Z, instansi pemerintah, pelaku usaha yang bergerak di bidang pertanian (agriculture), para pedagang dan pemasok produk hasil pertanian, akademisi, peneliti, kaum pendidikan, para orang yang berminat di bidang pertanian secara umum.

Adapun inti dari latarbelakang didirikannya Komunitas Pertanian Sariagri yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui platform digital pertanian Sariagri. Selain itu, untuk membangun kekuatan pihak korporasi dengan pemerintah di bidang pertanian juga mengajak para petani nusantara agar lebih melek dengan literasi keuangan, pemberdayaan korporasi dan koperasi yang humanis dan kecenderungan ke bankable.

Menurut saya, komunitas ini juga sangat unik dan menarik karena sudah menggunakan platform digital internet untuk menjembatani para petani di Indonesia untuk mendapatkan beragam informasi dan media digital seputar pertanian. Tentunya hal ini sangat sesuai dan mengikuti perkembangan zaman. Sistem pertanian kita ini memang harus dipromosikan melalui internet/media digital, sehingga para kaum milenial dan gen-Z mau terus menimba ilmu seputar pertanian dan mau memulai bertani di sekitar lingkungan mereka. Sehingga pada akhirnya nanti akan muncul banyak bibit-bibit petani muda yang menggantikan petani manula yang selama ini hampir 80% mewarnai pertanian kita selama ini.

Nah, selengkapnya untuk video profil Sariagri.id silakan teman-teman petani bisa ditonton pada video di bawah ini:

Topik-Topik Di Website Komunitas Pertanian Sariagri Indonesia

Sumber gambar: https://sariagri.id/

Di dalam website Sariagri.id ini juga mempunyai banyak topik menarik seputar pertanian. Banyak-banyak diskusi seru yang diisi oleh para penulis handal, para jurnalis media online, dan pakar di bidang pertanian yang siap berbagi pengalaman-pengalaman menarik mereka.

Adapun topik menarik yang diulas di situs Sariagri antara lain:

  • Menu website yang berisi topik bahasan seputar news/berita, pertanian, perikanan, kehutanan, perdagangan, energi, teknologi, agri channel, podcast, galeri, stories, events, gagasan, indeks, video, dan masih banyak yang lainnya. Khusus untuk podcast bisa dijadikan media audio bagi para anggota komunitas untuk saling sharing pengalaman atau live audio tentang pertanian. Sementara itu, galeri berisi gambar-gambar, dan atau events yang berisi semua kegiatan-kegiatan positif seputar pertanian yang diadakan secara rutin untuk menghidupkan anggota komunitas Sariagri Indonesia ini;
  • Menu komunitas ini sangat menarik karena banyak sekali pokok bahasan yang tentunya menambah banyak ilmu dan wawasan baru bagi para petani milenial seperti: komunitas pertanian, komunitas buah warna-warni, komunitas hidroponik untuk yang suka bercocok tanam tanpa tanah, komunitas kicau burung, komunitas ikan cupang lover, komunitas tanaman hias bagi pengusaha UKM/UMKM dan kesukaan kaum wanita/emak-emak, komunitas reptil Jakarta, dan komunitas pecinta hewan kucing.

Benefit/Keuntungan Bergabung dengan Komunitas Pertanian Sariagri

Bergabung dengan komunitas pertanian Sariagri ini pastinya tidak akan rugi. Karena dengan berkomunitas maka kita akan mendapatkan banyak hal seperti:

  • menambah banyak teman (relasi);
  • memperkuat tali silaturahmi antar anggota;
  • sebagai sarana belajar;
  • sebagai sarana diskusi bersama;
  • saling tukar opini/fakta;
  • menambah banyak rezeki;
  • memperbaiki karir serta finansial;
  • menyalurkan hobi, minat dan bakat seputar pertanian, perkebunan, dan perikanan;
  • dan yang paling utama adalah menambah wawasan, pengetahuan, dan ilmu yang tak terbatas.

Bagaimana Cara Bergabung di Komunitas/Forum Pertanian Sariagri?

Komunitas Pertanian Sariagri
Sumber gambar: https://komunitas.sariagri.id/komunitas/16/pertanian

Untuk bergabung di Komunitas Pertanian Sariagri ini ternyata tidak sulit karena bisa dilakukan dengan mudah menggunakan gawai yang kita miliki. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan akses situs berikut: https://sariagri.id/;
  2. Pada bagian pojok kanan atas situs selanjutnya pilih/klik tombol “login
  3. Kemudian klik tombol “Daftar Disini” jika ingin membuat akun baru;
  4. Kemudian setelah itu isi data-data yang diperlukan dengan baik dan benar seperti mengisi nama, jenis kelamin/gender, nomor telepon, alamat email dan ikuti perintah yang ada disana;
  5. Selanjutnya membuat password unik sesuai keinginan anda, lalu ulangi password yang sudah ditentukan;
  6. Klik tombol checkbox di bagian paling bawah sebagai persetujuan anda terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku di situs Sariagri;
  7. Tahap terakhir silakan tekan tombol “Daftar“.
  8. Buka email yang sudah anda daftarkan tadi, lalu klik tombol konfirmasi yang ada pada inbox email anda tersebut.
  9. Setelah klik tombol konfirmasi, maka anda akan diarahkan ke menu login, lalu anda harus masukkan email dan password yang sudah anda buat tadi (jika anda orang yang mudah pelupa, maka jangan lupa simpan alamat email dan password yang sudah didaftarkan tadi ke notepad agar aman);
  10. Sampai pada tahap ini anda sudah terdaftar menjadi anggota komunitas pertanian Sariagri dan pastinya anda bebas untuk masuk ke forum diskusi dan berdialog dengan anggota komunitas yang lainnya.

Nah, itulah tadi review singkat dan perkenalan untuk situs Pertanian Sariagri Indonesia.

Oya, mudah-mudahan dengan kita bergabung di komunitas Pertanian Sariagri ini maka akan ada banyak hal-hal baru yang kita dapatkan. Selain itu, wawasan, pola pikir kita akan terbentuk dengan banyak berliterasi, dan mengulik banyak hal seputar dunia pertanian. Terima kasih sudah membaca ulasan saya di atas, semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare info seputar situs Sariagri kepada teman-teman petani anda semuanya. #ayobertanidan berkebun bersama Sariagri Indonesia.

30 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR