Manfaat Tanaman Berbuah Diberikan NPK 16-16-16

Tanaman hortikultura buah memang paling banyak ditanam di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sentra penanamannya hampir dilakukan di tiap daerah dan memang dari segi keuntungan cukup mampu menaikan finansial petani yang membudidayakannya.

Tanaman buah yang ditanam memang secara rutin dan kontinyu harus dilakukan perawatan secara baik dan benar sehingga produktivitas hasil panen dapat ditingkatkan. Dan salah satu cara yang dilakukan oleh petani buah yaitu melakukan pemupukan NPK 16-16-16 pada tanaman buah yang mereka tanam.

Tanaman Tomat Berbuah Lebat
Tanaman Tomat Berbuah Lebat Dikasih Pupuk NPK 16-16-16, Photo Kontributor Oleh: KPTI

Secara umum, tanaman buah yang bagus jika diberikakan NPK-16-16-16 adalah tanaman seperti pisang, jeruk manis, cabe, tomat besar dan tomat rampai, kentang, wortel, kubis, buncis, kacang-kacangan, jeruk nipis, rambutan cangkok, mangga cangkok, duku, pohon durian, sawo, jambu cangkok, semangka, melon, gambas, dan lain sebagainya.

Cara pemberian pupuk NPK 16-16-16 bisa dilakukan dengan cara ditabur langsung di atas tepat pada pusat tumbuh tanaman (di atas akarnya), dibuatkan lubang di dekat tanaman lalu setelah itu dimasukan pupuk NPK 16-16-16 dan lalu terakhir ditutup lubangnya dengan tanah galian disekitarnya. Selain itu, membuat larikan-larikan kecil di atas lahan bedengan kemudian diberikan pupuk NPK 16-16-16 tersebut, lalu membiarkan hingga ada hasil yang cukup signifikan dari laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah yang telah ditanam.

Sebagai informasi bahwa pupuk NPK 16-16-16 paling baik diberikan ketika tanaman sudah menginjak umur dewasa, setidaknya di atas umur 2 tahun untuk tanaman cangkok, akan tetapi khusus untuk tanaman buah yang relatif umurnya cepat seperti mentimun, semangka, gambas, dan tanaman polong-polongan, maka pemberian pupuk NPK 16-16-16 bisa dilakukan waktu tanaman menginjak umur di atas 40 hst (ketika tanaman sudah mulai berbunga). Pupuk NPK 16-16-16 ini memiliki manfaat yaitu untuk merangsang dalam pembungaan dan mempercepat munculnya buah yang lebat.

Dan banyak sekali di pasaran dan kios tanaman dan penjualan pupuk, memang telah banyak yang menjual berbagai jenis pupuk organik dan anorganik dalam harga yang relatif terjangkau, termasuk ketersediaan pupuk NPK 16-16-16 telah tersedia banyak di pasaran. Pastikan bahwa saat membeli pupuk NPK-16-16-16 adalah produk yang asli bukan palsu.

PESAN SPONSOR