Manfaat dan Keutamaan Tiang Ajir Bagi Tanaman Cabe

Selama membudidaya tanaman cabe, maka bagi seorang petani penting sekali untuk melakukan perawatan tanaman cabe. Perawatan tanaman cabe dilakukan hingga tanaman cabe berbuah, siap dipanen. Perawatan tersebut meliputi komponen penyiraman, pemupukan, pendangiran, penyiangan, pemberian mulsa dan tiang ajir, dan lain sebagainya.

Pemberian tiang ajir terutama sangat penting dilakukan. Tiang ajir ini nantinya bermanfaat/berfungsi bagi tanaman cabe untuk sebagai penyangga agar tanaman cabe tetap berdiri sesuai porsinya, tidak mudah roboh, dan pertumbuhannya akan tegak ke atas. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe yang optimal dapat dimulai dari cara semacam ini.

Jarak Tanam Cabe Ideal
Pemberian Tiang Ajir dan Penentuan Jarak Tanam Cabe Ideal Menentukan Kesuburan Tanaman. (Tipspetani.com)

Pada saat cuaca ekstrem, misalnya pada waktu musim hujan dengan intensitas tinggi. Terkadang disertai dengan angin kencang, sehingga terkadang membuat tanaman cabe rebah. Sehingga keberadaan tiang ajir ini penting sebagai penyangga tanaman agar tidak mudah roboh.

Jika tanaman cabe roboh, terutama saat sudah berbuah, tentu saja ini akan membuat pertumbuhan bunganya terganggu, dan hasil panennya kurang optimal.

Oleh, sebab itulah penting sekali pemberian tiang ajir pada tanaman cabe, sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe bisa dioptimalkan.

Untuk membuat tiang ajir/lanjaran sangat mudah dilakukan, bisa menggunakan kayu bambu yang dipotong melintang kecil-kecil, dibuat ukuran 1 meter.

PESAN SPONSOR