Jenis Pupuk Untuk Akar, Batang, Daun, serta Bunga TOMAT

Membudidaya tanaman tomat sangat menyenangkan. Apalagi dalam budidayanya tersebut diimbangi dengan pengetahuan tentang morfologi dan fisiologi tanaman tomat, cara hidup, habitat/syarat tumbuhnya, cara tumbuh dan berkembang, cara reproduksi, dan bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan pertumbuhan bagian akar, batang, daun, dan bunganya lebih sempurna, sehingga hal ini akan berpengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat itu sendiri.

Akar, batang, daun, serta bunga tomat sangat penting sekali mendapatkan nutrisi (unsur hara) secara langsung yang terdapat di dalam tanah, atau bisa juga melalui pemberian beberapa jenis pupuk tambahan untuk memperoleh hasil lebih optimal.

tomat rampai
tomat rampai mulai berbuah lebat karena pemupukan yang tepat. Photo Original by: Wahid Priyono (Tipspetani.com).

Pemberian pupuk organik maupun pupuk anorganik pada tanaman tomat rupanya harus diberikan pada tanaman tomat menginjak masa pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa pertumbuhan, misalnya pada saat seorang petani menyemai biji tomat, maka biji tomat setelahnya akan mengalami perkecambahan biji. Dimana proses perkecambahan biji ini pada akhirnya akan membentuk calon akar utama, batang, serta daun. Setelah menjadi tanaman bibit muda, tanaman tomat mengalami masa pertumbuhan dan pada saat inilah pemberian pupuk sangat penting supaya tanaman sehat dan terbebas dari sumber hama dan penyakit.

Adapun jenis pupuk yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada akar, batang, daun, serta bunga tanaman tomat yaitu sebagai berikut:

  • pupuk kandang (dari kotoran ternak yang dikeringkan);
  • pupuk kompos dari serat tanaman yang membusuk/jerami padi yang dibakar; (pupuk serat tanaman);
  • pupuk KCL;
  • pupuk NPK Mutiara;
  • Pupuk Phonska;
  • Pupuk Urea;
  • Pupuk TSP;
  • Pupuk SP-36.

Dari keenam jenis pupuk di atas, menurut pengalaman saya pribadi, memang paling bagus sekali menggunakan salah satu dari jenis pupuk yang terdaftar di atas. Pupuk kandang, kompos, sebaiknya diberikan pada masa penyemaian bibit , dan ketika tanaman tomat menginjak waktu berbunga, sebaiknya beri pupuk phonska, urea, TSP, NPK, dan KCL (pupuk tambahannya). Dengan begitu, dijamin maka anda akan mendapatkan hasil panen tomat yang melimpah.  Semoga informasi di atas berguna untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *