Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Jenis-Jenis Tanaman Palawija yang Sering Ditanam Petani

Tanaman palawija merupakan jenis tanaman yang beragam dalam satu lahan tanam. Tujuan lahan ditanami palawija yakni untuk diversifikasi pangan. Maka, setidaknya kita perlu mengetahui jenis-jenis/macam-macam tanaman palawija yang dapat ditanam. Jenis palawija yang dimaksud yaitu jenis tanaman yang berupa kacang-kacangan, umbi-umbian, dan rempah.

Jenis palawija berupa kacang-kacangan (legume) meliputi kacang tanah, kacang kedelai, kacang kapri, kacang tunggak, atau kacang kedelai. Menanam palawija jenis ini dikatakan mampu membantu proses daur nitrogen alami yang baik untuk lingkungan khususnya untuk pertumbuhan tanaman yang lebih baik.

kacang tanah sebagai tanaman palawija
kacang tanah sebagai tanaman palawija

Selanjutnya yakni palawija jenis umbi-umbian dapat berupa kentang, ubi jalar, atau singkong. Palawija jenis umbi-umbian ini mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa menjadi pengganti bahan makanan pokok seperti beras. Jenis tanaman ini bisa digunakan untuk rotasi tanaman ketika kondisi iklim tidak memungkinkan untuk memproduksi tanaman unggulan seperti padi.

Berikutnya yaitu jenis tanaman palawija yang berupa rempah-rempahan. Berbagai jenis tanaman rempah biasanya dijadikan tanaman pengisi lahan kosong guna meningkatkan produktivitas tanah. Cara ini juga dapat menambah hasil panen untuk membantu menjaga ketahanan pangan di Indonesia.

2 Comments
  1. Avatar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR