Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Jenis dan Macam-Macam Gulma Yang Sering Tumbuh di Lahan Tanam (Bedengan)

Gulma adalah jenis rumput liar yang sering tumbuh dan membuat rimbun suatu lahan tanam (bedengan). Jumlah gulma yang tumbuh terkadang sulit ditebak. Adakalanya jumlahnya bisa banyak terutama jika kandungan air, unsur hara, dan garam-garam mineral di sekitar lahan tanam sangat banyak.

Umumnya, gulma akan tumbuh dan berkembang secara pesat terutama pasca pemupukan organik dan pemupukan secara kimiawi. Karena sebagian unsur hara itulah yang dimanfaatkan gulma untuk terus tumbuh, sementara tanaman lain bisa tersingkir. Pada musim hujan juga pertumbuhannya akan tinggi dan tak heran air yang cukup dan tanah lembab justru menjadi tempat yang sehat untuk perkecambahan biji-biji dari tanaman gulma tersebut.

Melon Leaves Growing Well.
Tanaman melon berbuah lebat dan menggunakan mulsa agar terhindar dari pertumbuhan gulma yang banyak.

Memberantas dan membuang gulma dari lahan bedengan merupakan cara terbaik mencegah tanaman utama dari kekurangan unsur hara, air, dan garam-garam mineral.

Gulma umumnya bersifat parasit pada tanaman pertanian. Akar gulma akan lebih banyak mengambil unsur hara, air serta garam mineral dari dalam tanah, dan ini menyisakan sebagian kecil hara untuk tanaman yang dibudidaya. Ini memang sangat kejam, bahkan bisa membuat tanaman budidaya menjadi kerdil, bunga dan buahnya jarang. Dari sinilah kita belajar bahwa gulma akan menjadi saingan (kompetitor) bagi tanaman yang ditanam.

Beberapa jenis/macam-macam gulma yang sering tumbuh di lahan tanam (bedengan) diantaranya adalah:

  • Gulma berdaun sempit. Gulma berdaun sempit/kecil umumnya tumbuh di lahan-lahan pertanian seperti di areal persawahan, ladang, kebun. Gulma ini akan aktif tumbuh pada lahan tanam yang mempunyai sumber nutrisi (unsur hara) paling banyak. Biasanya akan tumbuh pada lahan bedengan. Contohnya: rumput ilalang, rumput putihan, rumput teki, meniran, lulangan,
  • Gulma berdaun lebar. Gulma berdaun lebar biasanya disebut sebagai broadleaves. Gulma berdaun lebar ini umumnya hidup di sela-sela lahan tanam/bedengan, atau wilayah perkebunan yang mempunyai lahan berhektar-hektar/luas. Contohnya: Mikania micrantha (rumput rambatan), Borreria (Rumput kentang-kentangan), Melastoma (Senggani), Ageratum, Mucuna,

Beberapa jenis gulma di atas tentu saja pernah anda kenal dan tumbuh di lahan tanam kebun anda. Tentu saja, keberadaan gulma bukan merupakan kabar gembira bagi petani, akan tetapi suatu keharusan untuk segera memberantasnya karena bisa membahayakan bagi pertumbuhan tanaman yang ditanam. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR