Jenis dan Karakteristik Tanah untuk Tanaman Cabe

Dalam budidaya cabe, mempunyai pengetahuan tentang morfologi, anatomi dan juga syarat tumbuh tanaman cabe sangat penting. Termasuk bagaimana seorang petani mengetahui jenis tanah yang paling cocok bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe.

Berdasarkan pengalaman, saat saya membudidaya jenis cabe lado f1, cabe rawit jengki, dan jenis lainnya, maka jenis tanah yang paling cocok bagi pertumbuhan tanaman cabe adalah jenis tanah lempung berpasir.

Tanah lempung berpasir mengandung tiga komponen utama yakni debu, hara, dan pasir. Tanah lempung ini mengandung banyak mineral-mineral yang dibutuhkan tanaman, misalnya: mineral Calcium (Ca), Kalium (K), dan mineral jenis lainnya.

Tanah lempung berpasir sering dijumpai di lahan-lahan persawahan, perkebunan hortikultur dekat saluran irigasi/sungai, dan tanah-tanah di pematang perbukitan dan pegunungan. Itulah mengapa seorang petani cabe lebih sering menyukai budidaya cabe di lahan persawahan, sebab di lahan persawahan tersebut terdapat banyak tanah lempung berpasir yang baik dalam menunjang budidaya cabe.

Di tanah lempung berpasir inilah tanaman cabe akan menghasilkan organ tanaman lengkap (akar, batang, daun, bunga, dan buah) dalam jumlah yang sempurna, serta kenampakan tanaman menjadi lebih sehat dan kuat. Semoga informasi ini berguna untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *