Jarak Tanam Terong Ungu dan Terong Lalap yang Baik dan Benar

Dalam pembudidayaan tanaman terong, maka sangat penting sekali bagi seorang petani mengetahui terlebih dahulu bagaimana jarak tanam terong ungu dan terong lalap yang baik dan benar. Karena bagaimanapun juga jarak tanam ini nantinya akan menentukan seberapa bagus hasil panen.

Buah Terong Ungu
Buah Terong Ungu, Photo Kontributor by: Komunitas Petani Terong.

Dari hasil diskusi yang pernah saya lakukan dengan petani terong, bahwa intinya ada manfaat dari penentuaan jarak tanam terong seperti akan memudahkan dalam proses penanganan hama dan penyakit pada tanaman, memudahkan dalam proses perawatan terutama pendangiran dan penyiangan, menghindari tanaman satu dengan lainnya dari epidemi (penyebaran) penyakit parasit, serta mencegah terjadinya perebutan nutrisi antar satu tanaman dengan tanaman lainnya, atau mencegah perebutan unsur hara antara tanaman terong dengan rumput liar/gulma.

Petani terong telah merekomendasikan bahwa untuk jarak tanam terong yang ideal yakni 60 – 70 cm atau bisa lebih, dan intinya jarak tanamnya tidak terlalu rapat, sedikit direnggangkan agar hasil panennya jauh lebih optimal.

Perlu anda ketahui bahwa banyaknya buah terong yang dihasilkan juga berbanding lurus dengan jarak tanam yang ditentukan oleh petani. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, silakan baca juga:

PESAN SPONSOR