Jarak Menanam Cabe Merah Keriting (CMK) dan Cabe Rawit Jengki (CRJ)

Mengetahui jarak tanam cabe merupakan prinsip dasar yang tidak boleh terlewatkan oleh petani. Meskipun terlihat sepele, ternyata faktor penentu produktivitas panen cabe tinggi salah satunya disebabkan oleh jarak tanam yang benar.

Jarak tanam ideal yang dipakai untuk penanaman cabe merah keriting (CMK) dan cabe rawit jengki (CRJ), dan jenis cabe lainnya yaitu berjarak tanam (p x l) = 70 cm x 70 cm, atau 60 cm x 70 cm. Pada jarak tanam yang telah ditentukan tersebut, selanjutnya yaitu dibuatkan lubang tanam pada mulsa plastik dengan menggunakan kaleng yang dipanaskan. Lubang tanam dibuat dengan kedalaman berkisar antara 15-20 cm, dengan diameternya yakni 20-25 cm. Lahan bedengan dengan lubang tanamnya yang sudah dibuat dibiarkan terlebih dahulu selama satu malam, baru keesokan harinya bibit ditanam.

Manfaat Susu Dancow, Micin Ajinomoto, dan Jimmy Hantu untuk Tanaman Cabe
Cabe Merah Keriting (CMK) berbuah lebat karena jarak tanam yang diterapkan sangat ideal.

Jarak tanam cabe memberikan konstribusi bagi tanaman untuk tumbuh secara optimal. Artinya, semakin berdekatan jarak tanamnya, maka peluang untuk perebutan nutrien (unsur hara) dari satu tanaman cabe dengan tanaman cabe lainnya akan tinggi, sehingga distribusi unsur hara kurang merata. Sebaliknya, jika jarak tanam ideal tidak terlalu berdekatan satu sama lainnya, maka tanaman akan lebih fokus mengambil air, garam mineral, unsur hara secara mandisi dari tiap-tiap tanaman tanpa harus terjadinya kompetisi saling merebutkan unsur hara. Semoga bermanfaat.

PESAN SPONSOR