Jarak Bedengan dan jarak Tanam Cabe Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar

Mengetahui jarak bedengan dan jarak tanam cabe memang harus mengikuti prosedur yang baik dan benar. Menurut website ahli dari situs: pertanian.go.id, menyebutkan bahwa:

  • Jarak tanam cabe yang baik adalah 40-50 cm;
  • Jarak bedengan ditentukan dengan luas lahan, dan yang paling terpenting tinggi bedengan adalah 30 cm.

Dalam membuat bedengan, sebaiknya mengarah dari arah utara ke selatan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah tanaman melakukan fotosintesis. Sebagaimana diketahui bahwa tujuan fotosintesis adalah untuk menghasilkan makanan berupa amilum/zat tepung untuk pertumbuhan tanaman.

efek hujan asam
Tanaman pertanian berhasil tumbuh dengan baik karena diberi mulsa dan tinggi lahan bedengan yang ideal. (tipspetani.com)

Sebelum membuat bedengan juga penting menambahkan pupuk pada media tanam di lahan. Pupuk yang paling bagus adalah pupuk dari kotoran sapi/ayam yang dimatangkan (difermentasi terlebih dahulu).

Lahan bedengan dibuat memanjang dan disesuaikan dengan jumlah bibit yang ditanam. Untuk tanaman cabe sebaiknya tidak perlu ditanam menggunakan sistem tumpang sari. Ini dilakukan supaya tanaman cabe terbebas dari parasit, hama, dan penyakit dari tanaman tumpang sari lainnya.

Pada permukaan atas lahan bedengan bisa menggunakan mulsa plastik warna perak, karena mampu mengusir serangga dan hama. Serta mampu menjaga kelembaban tanah. Baca juga: Perbedaan Mulsa Plastik Perak, Hitam.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *