Himbauan untuk Masyarakat Indonesia agar Membuang Biji-Bijian Buah Saat Berwisata

Saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan, maka bagi anda-anda yang hobi mengonsumsi buah-buahan, maka bijinya jangan dibuang. Biji buah tersebut silakan anda jemur, jika sudah kering kemudian bungkus/masukan dalam botol kecil. Pada saat anda sedang jalan-jalan ke luar kota atau berwisata, maka ketika sedang dalam perjalanan dan melihat lahan yang kurang terdapat pepohonan, maka sebarlah biji-bijian tersebut. Biji-bijian tersebut bisa berupa biji dari tanaman buah seperti mangga, rambutan, salak, jambu biji, apel, durian, alpukat, jeruk, dan lainnya.

Jadi, nanti biji-bijian tersebut bisa berkecambah dan lalu tumbuh menjadi tanaman dewasa. Kegiatan ini sangat efektif untuk menambah jumlah pepohonan di bumi untuk beberapa tahun ke depan mengingat jumlah hutan yang mulai berkurang.

Tanaman gambas ada di kebun samping rumahku
Tanaman gambas ada di kebun samping rumahku, padahal tidak ditanam.

Cara ini sudah digunakan di negara seperti Thailand untuk menghijaukan lahan di negara tersebut. Maka, sekarang saatnya Indonesia mulai menggencarkan kegiatan menyemai biji di lahan-lahan kosong ini dari sekarang.

Semoga dengan melakukan kegiatan ini maka bumi yang kita huni akan semakin hijau dan dipenuhi dengan tanaman-tanaman buah yang produktif. Tentu saja memberikan banyak manfaat untuk masyarakat di sekitarnya.

PESAN SPONSOR