Gambar dan Ukuran Bedengan Cabe Sesuai Anjuran dari Petani Profesional

Bedengan merupakan lahan yang nantinya akan menjadi tempat tumbuh tanaman cabe. Pembuatan bedengan harus baik dan benar. Untuk ukuran bedengan cabe rawit atau cabe jenis lainnya pada dasarnya adalah sama. Dan untuk ukuran bedengannya adalah panjang = menyesuaikan dengan luas tanah, tinggi bedengan = 30 cm, lebar bedengan 1 meter, dengan jarak tanam= 30-35 cm (ideal).

Dengan memperhatikan jarak tanam dan lebar atau tinggi bedengan maka tentu saja akan berdampak pada pertumbuhan tanaman cabe secara umum. Bedengan yang terlalu pendek juga tidak bagus, sangat dikhawatirkan jika volume air pada saat musim hujan tiba-tiba naik drastis. Tentu hal ini akan membuat tanaman cabe mudah terendam air, pada akhirnya akarnya mudah busuk. Bedengan yang dibuat oleh masyarakat petani di Indonesia ada dua tipe, yakni tipe bedengan tanpa mulsa, dan bedengan dengan dilengkapi mulsa. Masing-masing punya keuntungan dan kelemahan. Tapi yang paling populer dipakai adalah bedengan yang disertai mulsa agar hasil panen cabe jauh lebih berkualitas.

Berikut ini contoh gambar-gambar bedengan cabe yang dibuat oleh para petani profesional. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk para petani di Indonesia.

Tanaman cabe berbuah lebat dengan ukuran bedengan yang tepat
Tanaman cabe berbuah lebat dengan ukuran bedengan yang tepat
bedengan cabe dengan dialiri air di sekitarnya
bedengan cabe dengan dialiri air di sekitarnya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *