Faktor Penyebab Daun Menguning Karena Kekurangan Unsur Hara ?

Gejala umum pada tanaman pertanian yang sering terlihat sehari-hari yakni daun terkadang berwarna kuning. Peristiwa ini hampir ditemui di semua sektor pertanian dalam dan luar negeri. Gejala daun menguning disebut sebagai peristiwa klorosis. Klorosis pada dau dicirikan dengan memudarnya warna daun yang semula berwarna hijau menjadi warna kuning. Selain itu, perubahan warna kuning pada daun ini lambat-laun akan menjadi gejala nekrosis, dimana daun menjadi berlubang/bopeng, permukaan daun tidak rata, menjadi warna kecokelatan dan sel-sel daun mati dan akhirnya gugur (absisi).

Beberapa contoh tanaman pertanian yang sangat rentan terhadap gejala klorosis adalah mentimun, semangka, kacang panjang, pepaya, cabe, tomat, gambas, terong, pare belut, pare, padi, jagung, dan lain sebagainya.

Daun mentimun menguning akibat klorosis
Daun mentimun menguning akibat klorosis, (Doc. Wahid Priyono, S.Pd).

Para ahli pertanian sepakat bahwa, faktor pemicu terjadinya gejala klorosis ini dapat dipicu oleh beberapa hal seperti ketercukupan air pada tanaman. Tanaman yang kekurang air tentu saja akan mudah hidrasi, sehingga sel-selnya mudah menciut. Akibatnya, transportasi air ke seluruh organ tanaman terganggu termasuk di bagian batang dan daun. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan gejala klorosis jika tanaman kekurangan air dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan air juga dapat menyebabkan klorosis pada tanaman, contohnya pada tanaman semangka yang lahannya tergenangi air dalam luapan yang tinggi juga bisa mengalami klorosis.

Kekurangan unsur hara dapat menjadi faktor pemicunya. Unsur hara sangat penting bagi tanaman untuk membantu ketersedian nutrisi yang cukup, pertumbuhan dan perkembangan, dan pemasok sumber hara. Salah satu unsur hara penting agar tanaman terhindar dari gejala klorosis dan nekrosis yaitu gunakan pupuk yang memiliki kandungan unsur P, K, N, Ca, Zn, dan K. Pupuk yang ada unsur-unsur tersebut yaitu pupuk kandang, pupuk NPK, KCl, TSP, Urea, dan lain sebagainya. Dengan pemberian pupuk yang mengandung unsur hara tersebut, maka akan sangat membantu tanaman agar tercegah dari akibat buruk klorosis dan nekrosis.

PESAN SPONSOR