Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

DAUR NITROGEN DI ALAM

Nitrogen merupakan unsur hara pembatas dalam hokum Justun Von Liebig. Nitrogen menjadi penyusun utama protein, diperlukan oleh tumbuhan dan hewan dalam jumlah besar. Sejumlah besar nitrogen hilang akibat tanah mengalami pembasuhan oleh gerak aliran air dan kegiatan jasad renik. Atmosfer mengandung 80% nitrogen bebas. Nitrogen dibutuhkan tumbuhan dalam bentuk terikat (dalam bentuk senyawa dengan unsur lain). Fiksasi nitrogen : pembentukan nitrogen dalam bentuk terikat, terjadi di dlm tanah oleh bakteri. Jenis bakteri pengikat nitrogen terefisien bersifat simbiotik, dpt mengikat protein jika bekerjasama dengan akar tumbuhan polong dan rumpun tropik.

Dalam tanah, nitrogen terdapat dalam bahan organik tanah di berbagai tahap pembusukan, namun belum dapat dimanfaatkan tumbuhan. Nitrogen dimanfaatkan tumbuhan dlm bentuk ion amonium (NH4+) atau ion nitrat (NO3+). Tahapan penguraian asam amino menjadi nitrogen anorganik :- NH4+ dibebaskan dari asam amino, diubah jadi NO2– NO2-segera diubah oleh tumbuhan hijau menjadi NO3+, Bakteri penghasil ion nitrit dan nitrat bersifat ototrof dan aerob (perlu oksigen), sehingga kehidupannya dipengaruhioleh aerasi tanah, suhu dan kandungan air dalam tanah.

– Proses pemanenan menyebabkan nitrogen terikat hilang, diambil oleh bakteri pengubah nitrat menjadi nitrogen

– Proses perubahan nitrit menjadi nitrogen bersifat anaerob (hanya berlangsung dalam kondisi tanpa oksigen)

pada akar tanaman kacang tanah banyak mengandung bakteri Rhizobium leguminosarum
pada akar tanaman kacang tanah banyak mengandung bakteri Rhizobium leguminosarum, (Wahid Priyono, S.Pd.)

Nitrat sangat mudah larut dalam tanah sehingga cepat hilang krn proses pembusukan. Taraf ketersediaan nitrogen dalam tanah tergantung pada banyaknya bahan organik, populasi jasad renik, tingkat pembasuhan. Dalam keadaan alami terjadi keseimbangan antara laju pertumbuhan dan gaya-gaya yg menentukan penyediaan nitrogen dalam tanah. Pemanenan menyebabkan terkurasnya nitrogen krn pengambilan bahan organik dan erosi. Hal ini menyebabkan pertanian intensif sangat tergantung pada tambahan pupuk nitrogen. Awalnya nitrogen berasal dari sumber organik, terutama guano (kotoran burung). Saat ini nitrogen dibuat menurut proses Haber-Bosch : nitrogen + hidrogen amoniak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR