Daun dan Buah Cabe Rontok Kekurangan Apa ya?

Kerontokan daun dan bunga pada cabe terjadi karena adanya banyak faktor yang mengiringinya. Faktor kondisi lingkungan yang terlalu ekstrem bisa menyebabkan hal tersebut. Pada beberapa kasus di lapangan, kerontokan terjadi akibat daun tanaman kekurangan air dalam jumlah cukup. Bahkan, kelebihan air dapat mengakibatkan beberapa kondisi seperti kondisi akar pada tanaman yang mudah membusuk, bahkan menyebabkan organ tanaman kelebihan air. Jadi, penyiraman tanaman secara intensif adalah kunci yang bagus untuk menjaga daun dan buah cabe agar tidak rontok.

Manfaat Susu Dancow, Micin Ajinomoto, dan Jimmy Hantu untuk Tanaman Cabe
Tanaman cabe berdaun dan berbuah lebat secara seimbang (Tipspetani.com).

Selain kekurangan atau kelebihan air pada organ daun dan buah, kekurangan unsur hara juga bisa menjadi penyebabnya. Namun, unsur hara yang paling penting agar daun dan buah tidak rontok yaitu diberi pupuk yang mengandung unsur hara N, P, K, Mg, Zn. Semua unsur ini bisa membuat daun tanaman berwarna hijau, terutama unsur Nitrogen (N). Dan unsur Zn dan Mg, membantu tangkai daun dan buah lebih kuat.

Oleh karena itu, penting sekali bagi para petani untuk melakukan penyiraman secara cukup dan juga pemupukan secara intensif. Pastikan pupuk yang diberikan sesuai dengan kandungan unsur hara di atas.

PESAN SPONSOR