Contoh-Contoh Tanaman Transgenik Hasil Transfer Gen

Tanaman transgenik merupakan tanaman dari hasil rekayasa genetika di bidang pertanian. Pada tanaman ini disisipi oleh gen asing dari hewan atau tumbuhan lainnya sehingga dihasilkan jenis tanaman baru yang berbeda dari induk aslinya. Berikut ini contoh-contoh jenis tanaman transgenik hasil rekayasa genetika (melalui transfer gen):

 

No

Jenis tanaman Sifat yang telah dimodifikasi

Modifikasi

1 Padi Mengandung provitamin A (beta karoten) dalam jumlah dalam jumlah tinggi Gen dari tumbuhan narsis, jagung, dan bakteri Erwinia disisipkan pada kromosom padi
2 Jagung, kapas, kentang Tahan (resisten) terhadap hama. Gen toksin Bt dari bakteri Bacillus thuringiensis ditransfer ke dalam tanaman.
3 Tembakau Tahan terhadap cuaca dingin. Gen untuk mengatur pertahanan pada cuaca dingin dari tanaman Arabidopsis thaliana atau dari sianobakteri (Anacyctis nidulans) dimasukkan ke tembakau.
4 Tomat Proses pelunakan tomat diperlambat sehingga tomat dapat disimpan lebih lama dan tidak cepat busuk Gen khusus yang disebut antisenescens ditransfer ke dalam tomat untuk menghambat enzim poligalakturonase (enzim yang mempercepat kerusakan dinding sel tomat). Selain menggunakan gen dari bakteri E. coli, tomat transgenik juga dibuat dengan memodifikasi gen yang telah dimiliknya secara alami.
5 Kedelai Mengandung asam oleat tinggi dan tahan terhadap herbisida glifosat. Dengan demikian, ketika disemprot dengan herbisida tersebut, hanya gulma di sekitar kedelai yang akan mati. Gen resisten herbisida dari bakteri   Agrobacterium galur CP4 dimasukkan ke kedelai dan juga digunakan teknologi molekular untuk meningkatkan pembentukan asam oleat.

Untuk referensi lainnya terkait dengan tanaman transgenik, silakan baca artikel berikut ini: Aplikasi/Penerapan/Contoh Transfer Gen Pada Tumbuhan.

PESAN SPONSOR