Contoh-Contoh Hewan Transgenik Hasil Transfer Gen

Hewan transgenik memang terbilang cukup unik. Hewan transgenik merupakan modifikasi hewan lama dari hasil penyisipan gen asing yang dikehendaki sehingga terbentuk hewan baru yang berbeda dari induk. Contoh Hewan Transgenik dapat dilihat pada bagian di bawah ini:

  1. Rainbow trout dan salmon yang diberi gen hormon pertumbuhan asing hanya dalam setahun telah mencapai suatu ukuran yang biasanya membutuhkan waktu pertumbuhan dua atau tiga tahun.
  2. Hewan-hewan yang bercahaya. Ahli biologi molekular telah mengembangkan makhluk hidup yang dapat memancarkan cahaya seperti makhluk hidup laut ubur-ubur. Para peneliti memasukkan DNA dari makhluk hidup laut yang bertanggung jawab dalam memancarkan cahaya ke dalam zigot. Contoh : ikan zebra atau GloFish Alba (ikan yang bersinar), Ruppi (anjing yang bersinar), dan kucing yang bersinar.
  3. Domba Dolly.
  4. Domba transgenik. Jadi DNA domba ini disisipi dengan gen manusia yang disebut factor VIII ( merupakan protein pembeku darah). Berkat penyusupan gen tersebut, domba menghasilkan susu yang mengandung factor VIII yang dapat dimurnikan untuk menolong penderita hemophilia.
  5. Tracey merupakan domba betina yang sehat dan normal, namun DNA-nya telah disisispi oleh gen manusia. Gen manusia tersebut mengkode produksi protein alfa-1-antitripsin (ATT) berkhasiat untuk mengobati penyakit paru-paru pada manusia, misalnya fibrosistik dan empisema (menggelembungnya membran alveoli hingga pecah yang dapat menyebabkan bronkitis kronis).
Ayam katik hasil rekayasa genetika transfer gen
Ayam katik hasil rekayasa genetika transfer gen.

Mungkin anda tertarik membaca artikel berikut ini: Teori Dasar dan Pengembangan Hewan Transgenik.

PESAN SPONSOR