Cara/Teknik Mematikan Pohon Tanpa Menebang yang Benar

Cara mematikan/membunuh pohon tanpa menebangnya merupakan pekerjaan mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang. Saya akan berbagi tips bagi kawan kawan yang sedang kesulitan dalam hal membunuh pohon yang telah tumbuh besar atau telah lanjut usia namun takut jika ditebang akan mengakibatkan dampak yang buruk karena mungkin pohon tersebut dekat dengan perumahan warga.

Keberadaan pohon yang sudah tumbuh besar memang sangatlah mengganggu misalnya pohon yang besar akarnya bisa merusak suatu bangunan/pondasi/pagar, dan lainnya, serta daunnya yang banyak akan mengakibatkan kotoran atau sampah serta menyumbat aliran drainase air.

Pohon akasia
Pohon akasia

Berikut ini tips/cara/teknik cara membunuh pohon tanaman yang sudah terlanjur besar tanpa harus menebang
disini ada beberapa alat dan bahan yang mesti kalian sediakan diantaranya adalah :

  1. Pisau
  2. Kantong plastik
  3. Karet gelang
  4. Herbisida
  5. Air
  6. Ember
  7. Cetok

Setelah alat dan bahan sudah disediakan kemudian ikuti tahapan/langkah langkahnya di bawah ini :

  1. Campurkan herbisida dengan air secukupnya sesuai dengan saran pada label kemasan,misal 50 ml/liter air. Kemudian aduk-aduk agar kedua cairan ini tercampur rata.
  2. Tuangkan cairan herbisida ini ke dalam kantong plastik cukup dengan setengah volumenya saja. Simpan di lokasi atau tempat yang aman untuk sementara waktu Galilah tanah di sekitar pohon yang bakal dimatikan untuk mencari akar pohon tersebut.Setelah ditemukan, potong akar tersebut. Ulangi tahapan ini supaya proses peracunan pohon menjadi lebih efektif dan efisien.
  3. Ambil kantong plastik yang sudah mengandung cairan herbisida tadi. Masukkan akar pohon yang sudah dipotong ke dalam plastik itu lalu ikat memakai karet gelang. Ulangi sampai seluruh kantong plastik telah terpasang pada akar pohon.
  4. Tunggu selama beberapa hari supaya cairan herbisida ini tersedot ke dalam tubuh pohon dan meracuninya. Tanda-tandanya mencakup daun menguning dan berguguran serta pohon bakal mengering dengan sendirinya.

Selain dengan menggunakan cara tersebut di atas bisa juga dengan cara  yang berbeda yang dapat dilakukan untuk mematikan pohon besar ialah dengan menyuntikan langsung cairan herbisida ke dalam batang pohon. Cara ini dilakukan dengan cara melubangi pada batang pohon dengan dibor. Lubang-lubang itulah yang natinya bakal disuntikan cairan herbisida yang bakal diserap langsung oleh batang pohon.

Untuk jenis herbisida yang digunakan bisa menggunakan berbagai jenis herbisida pada umumnya yang dapat dibeli di toko toko pertanian terdekat. Demikian lah sedikit tips cara mematikan pohon tanpa harus menebang pohon. Semoga bermanfaat. Silakan anda baca juga: Hama dan Penyakit Pada Tanaman Jeruk Serta Cara Penangannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *