Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Cara Pendangiran, Penyiangan, dan Pembumbunan Pada Tanaman Terong Ungu dan Terong Bulat

Budidaya tanaman terong memang menjadi hobi para petani di Indonesia. Harga terong cukup stabil di pasaran, sehingga menanam terong tentu mampu menghasilkan keuntungan yang besar, apalagi bisa berhektar lahan. Dalam satu hektar lahan, hasil panen terong bisa mencapai puluhan ton dan siap didistribusikan ke pasaran.

Hasil panen terong membaik tentu tidak luput dari perawatan yang baik dan benar. Budidaya terong membutuhkan tingkat kesabaran tinggi bagi petani. Sebab, terkadang di lahan tanam sering dijumpai pertumbuhan terong tidak seragam, ada yang tinggi dan pertumbuhan lambat. Ada pula salah satu bagian tanaman yang rentan terhadap serangan hama dan penyakit, ada juga yang tidak. Namun, untuk meningkatkan kesuburan tanaman penting dilakukan perawatan tanaman secara internsif. Beberapa jenis perawatan yang bagus untuk meningkatkan aerasi tanah, sebagai pemercepat pertumbuhan dan perkembangan pohon terong adalah kegiatan pendangiran, penyiangan, dan pembumbunan.

Pendangiran dilakukan bersamaan dengan proses penyiangan pada tanaman. Penyiangan tanaman merupakan kegiatan menyabuti rumput liar (gulma) yang tumbuh di sekitar tanaman terong. Gulma ini harus disingkirkan supaya tidak menghambat kesuburan tanaman. Terkadang banyak gulma yang sifatnya parasit yakni mengambil lebih banyak unsur hara sehingga terjadi kompetisi dengan tanaman pokoknya (yang ditanam). Membersihkan lahan tanam dari gulma adalah cara terbaik untuk konservasi tanah agar tidak ditumbuhi gulma. Tentu pada akhirnya akan membuat tanah menjadi subur, serta lebih percaya diri memberi suplai nutrisi terbaik bagi tanaman terong yang ditanam. Penyiangan ini dilakukan bisa secara tentatif (sewaktu-waktu) yaitu pada kondisi-kondisi tertentu misalnya pada saat benar-benar gulma menyerang secara masif, terutama saat musim penghujan datang.

Budidaya tanaman terong dengan cara didangir, disiang, dan dibumbun
Budidaya tanaman terong dengan cara didangir, disiang, dan dibumbun, (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Sembari melakaukan tindakan penyiangan, lakukan juga perbaikan tanah dengan cara menggemburkan lahan tanam dengan menggunakan cangkul kecil atau pencong. Penggemburan tanah ini dinamakan sebagai “penyiangan”, sedangkan pada pembumbunan yaitu menaikan tanah yang sudah dilakukan pendangiran di sekitar akar tanaman. Pembumbunan dan pendangiran ini ada kaitan satu dengan lainnya yaitu membantu supaya akar tanaman cepat tumbuh ke segala arah, serta mempermudah akar tanaman dalam penyerapan unsur hara, air, dan garam mineral dari dalam tanah.

Jika semua kegiatan penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan di atas telah anda lakukan di lahan tanam anda, maka bersiaplah akan memperoleh laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara baik. Daun akan semakin hijau subur, batang tanaman menjadi kokoh, lebih cepat menghasilkan bunga serta buah yang merupakan hasil produksi dari tanaman terong itu sendiri. Selamat mencoba semoga berhasil. Silakan coba perluas wawasan dengan membaca artikel dari saya berikut ini: Cara Membuat Lahan Bedengan Kencur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR