Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Tomat

Tomat merupakan jenis tanaman hortikultura yang paling sering dibudidaya oleh petani di Indonesia. Dalam pembudidayaan tomat di lahan, maka petani perlu melakukan kegiatan pendangiran maupun penyiangan.

Penyiangan pada lahan tanaman tomat bertujuan agar lahan tanam tomat menjadi lebih bersih dari gulma, sehingga meminimalisir munculnya hama, fungi, dan penyakit. Penyiangan dilakukan bisa dengan manual mencabuti rumput liar di seitar tanaman menggunakan tangan atau dengan alat bantu seperti pencong atau cangkul kecil. Jika tidak dilakukan penyiangan maka bisa saja pertumbuhan gulma tidak terkontrol dengan baik, dan disinilah gulma bisa berperan sebagai agen berkembangbiaknya hama dan penyakit yang bermacam-macam.

Pendangiran pada tanaman tomat dilakukan dengan cara mencangkul kecil-kecil pada lahan atau sebagian lahan di sekitar tanaman yang sedang tumbuh. Pendangiran bisa menggunakan alat pendangir seperti cangkul, pencong kecil dan peralatan sejenisnya. Harus berhati-hati ketika melakukan pendangiran sebab terkadang bisa saja akar-akar tanaman menjadi rusak akibat terkena alat pedangir. Jika hal ini terjadi maka bisa saja tanaman akan layu dan kemudian mati.

Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Tomat
Tomat rampai berbuah lebat karena dilakukan penyiangan secara rutin.

Sebaiknya kegiatan pendangiran dan penyiangan dilakukan secara bersamaan. Jadi, saat mengoret (menyiangi) lahan yang terdapat gulma/rumput-rumput liar maka diiringi langsung dengan pendangiran yaitu membuat lahan tanamnya menjadi gembur. Ada manfaat saat melakukan pendangiran dan penyiangan pada tanaman tomat yaitu diantaranya:

  • Tanahnya menjadi lebih gembur dan terbebas dari gulma serta hama dan penyakit yang merugikan tanaman;
  • Tanaman tomat menjadi lebih subur, ini dapat terlihat dari pertumbuhannya yang semakin baik;
  • Aerasi tanahnya menjadi bagus dan berkualitas;
  • Mengundang munculnya mikroorganisme tanah seperti cacing dan bakteri seperti Nitrosomonas sp, Nitrococcus, dan lain sebagainya;
  • Tanah akan lebih cepat menyerap air dan unsur hara yang kemudian didistribusikan pada tanaman melalui organ akar;
  • Produktivitas tanaman menjadi lebih bagus, ini bisa terlihat dari hasil panennya;
  • Produktivitas buah tomat meningkat (berdasarkan pengalaman saya pribadi saat membudidaya tomat rampai di lahan persawahan);
  • Meningkatkan hasil panen.

Jadi, penting sekali bagi para petani untuk lebih peduli pada lahan tanamannya. Sehingga apapun jenis tanaman yang di tanam di lahan tersebut akan lebih berkualitas karena dilakukan penyiangan dan pendangiran. Penyiangan dan pendangiran adalah seni menanam, sehingga tidak semua petani melakukan hal ini. Meskipun terlihat sepele, tapi penyiangan dan pendangiran pada lahan jenis apapun ketika ditanami berbagai jenis sayur mayur, buah, termasuk tomat adalah sangat penting dilakukan. Semoga menginspirasi kita semua sebagai petani.

PESAN SPONSOR