Cara Pencegahan Buah Cabai Busuk di Pohon

Dalam bidang pertanian, cara pencegahan/mengatasi buah cabe yang busuk di pohon adalah sesuatu hal yang sangat mudah. Tinggal ada kemauan atau tidak dari bapak/ibu tani. Sebab, gejala buah cabai busuk di pohonnya itu adanya banyak sebab, misalnya karena tanaman cabe kekurangan unsur hara tertentu. Atau bisa karena faktor lain, misalnya adanya serangan hama dan penyakit khusus pada tanaman cabe tersebut.

sejarah mikrobiologi tanah
Tanda-tanda munculnya cabai busuk di pohonnya langsung (tipspetani.com)

Untuk menanggulangi/pencegahan agar buah cabai tidak busuk dipohonnya, maka anda dapat mengikuti tips/kiat-kiat berikut ini:

  • Pastikan lahan tanam cabe tidak terserang hama dan penyakit. Kalaupun ada, maka sebaiknya bisa melakukan tindakan preventif dengan melakukan penyemprotan fungisida, maupun insektisida;
  • Busuk buah cabe bisa disebabkan karena curah hujan terlalu tinggi, sehingga pastikan aerasi tanah baik, dan pengairan di sekitar lahan tanamnya tidak terlalu banyak air (tergenangi air seluruhnya);
  • Pada saat buah cabai busuk di pohonnya, maka rekomendasi dari saya adalah dengan menambahkan pupuk yang mengandung unsur Kalsium (Ca) dan Kalium (K) yang cukup tinggi. Beberapa jenis pupuk yang mengandung unsur Ca dan K seperti NPK, Urea, KCL, dll; lihat perkembangannya beberapa minggu ke depan.
  • Gunakan mulsa plastik setiap kali tanam cabe, hal ini berfungsi untuk mengurangi hama dan penyakit parasit yang menyebabkan gagalnya pembuahan cabe;
  • Gunakan pupuk dasar dari kotoran ternak yang difermentasi sampai matang, untuk penggunakan di awal tanam. Ini bagus untuk membantu tanaman tumbuh subur. Efeknya adalah, tanaman cabe terhindar dari permasalahan buruk buahnya rontok bahkan busuk di pohon.

Informasi di atas merupakan beberapa langkah/trik yang dapat ditempuh untuk mencegah buah cabe busuk di pohonnya langsung. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen. Silakan baca juga: Jenis Pupuk Cair untuk Melebatkan Cabai.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *