Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Cara Pemupukan Tanaman Jahe yang Ditanam Di Polybag, Dijamin Tumbuh Banyak Mata Tunas Baru

Seperti halnya pada tananaman umumnya. Tanaman jahe yang sudah ditanam di pot/polybag maka penting sekali untuk dilakukan pemupukan.

Pemupukan pada pohon jahe penting dilakukan untuk menyuplai sejumlah nutrisi hara untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Adapun pupuk untuk jahe yang sering saya pakai adalah pupuk dari kotoran tahi ayam yang dikeringkan. Pemberiannya pada saat tanaman jahe sudah mulai memiliki 2-3 tunas baru setelah penanaman di awal.

Pada saat sudah mulai banyak tunas yang muncul, maka pemberian pupuk kimia seperti NPK bisa dilakukan, namun dengan dosis yang kecil. Biasanya saya berikan 200 mL/ tanaman yang ada di dalam wadah polybag.

berkebun jahe dengan polibag
berkebun jahe dengan polibag

Karena dari hasil pengamatan saya bahwa, kebanyakan dosis pupuk NPK juga tidak bagus karena tanah di sekitar penanaman akan cepat padat dan berkurang kesuburannya. Dan saya pun memberikan pupuk NPK ini cukup sebulan sekali saja.

Sementara itu untuk dosis pupuk kandang saya berikan dalam 4 termin, yaitu pada saat awal tanam dicampurkan pada tanah liat dengan perbandingan 50%:50%, dan ketika sudah muncul 3 tunas diberi lagi pupuk kandang segenggam tangan orang dewasa, begitu seterusnya saya aplikasikan setiap 1 bulan sekali.

Hasil pengamatan yang saya lakukan bahwa, tanaman jahe yang dipupuk dengan kotoran ayam dan NPK maka akan jauh lebih subur, daunnya hijau, batang lebih kokoh, serta banyak memunculkan mata tunas baru sehingga semakin rimbun.

Itulah pengalaman saya ketika membudidaya jahe dengan wadah polybag. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR