Cara Pemetikan Buah Cabe Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar dari Anjuran Petani Cabe Profesional

Pemetikan buah cabe merupakan hal yang paling menyenangkan bagi para petani cabe di Indonesia. Mengapa demikian? Karena pada waktu-waktu tersebutlah petani merasakan betapa senangnya hasil jerih payahnya terbayar lunas dengan hasil panen yang menguntungkan, terlebih produksi buah dalam tanamannya sangat melimpah ruah (banyak).

Pemetikan buah cabe harus dilakukan ekstra hati-hati, sebab salah sedikit saja bisa menyebabkan terjadinya luka pada batang muda di sekitaran ketiak daunnya, dan hal ini tentu saja akan berimbas terhadap rusaknya bagian bunga-bunga mudanya, serta beberapa buah cabe yang masih kecil bisa jadi lepas dari tangkainya.

Pohon Cabe Berbuah Lebat
Pohon Cabe Berbuah Lebat, Photo by: Ichin Sembalun

Menurut pemaparan dari petani cabe profesional yang telah lama berpengalaman, menyatakan bahwa jika salah/keliru dalam pemetikan buah cabe maka akan berimbas pada 5 – 10% kerugian yang tidak berarti. Oleh karena itulah, banyak petani cabe profesional yang menyebutkan langkah demi langkah dalam pemetikan buah cabe sesuai prosedur yang baik dan benar sebagai berikut:

  • Pemetikan cabe sebaiknya dilakukan pada waktu siang menjelang sore hari, karena pada waktu itu tanaman sudah tidak berembun;
  • Pemetikan buah cabe sebaiknya lebih mengutamakan buah yang sudah tua/telah matang;
  • Pemetikan buah cabe sebaiknya dilakukan dengan cara dipluntir searah jarum jam, jangan sekali-sekali memetik buah cabai dengan cara dicabut/ditarik ke arah atas tanaman, sehingga akan berpotensi merusak bunga-bunga yang masih muda, atau merusak buah yang masih muda;
  • Pemetikan buah sebaiknya diberi jarak hari tertentu sesuai kebutuhan, artinya petiklah buah pada porsi yang tepat, dengan cara melihat kondisi buah, ukuran buah, tingkat kematangan dan ketuaan buah, dan lain sebagainya.

Itulah tadi sekilas penjelasan tentang cara/teknik dalam pemetikan buah yang tepat, sesuai prosedur yang baik dan benar. Semoga dengan mengikuti langkah-langkah praktis di atas, maka kerugian akibat kesalahan dalam pemetikan buah dapat diminimalisir. Salam sukses untuk anda petani cabe.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *