Cara Pemanenan Sayuran dan Buah-Buahan di Kebun

Pemanenan sayur mayur dan buah-buahan di lahan perkebunan adalah hal yang menyenangkan. Terlebih setelah sekian lama melakukan perawatan tanaman secara intensif dan kini memanen buah dan sayur mayur adalah hasil yang sangat diharapkan. Namun, setiap pemanenan hasil panen untuk setiap tanaman berbeda-beda. Ada yang dengan cara dipetik manual dengan tangan, dipotong menggunakan gunting/pisau, atau diambil menggunakan alat cangkul dan sebagainya.

Jenis tanaman perkebunan yang cara panennya dengan dipetik manual dengan tangan yakni daun suring, kacang panjang, daun lembayung, daun kacang tunggak, buncis, tomat, dan lain sebagainya.

Labu dipanen dengan cara dipetik dengan alat bantu seperti pisau
Labu dipanen dengan cara dipetik dengan alat bantu seperti pisau

Untuk tanaman yang dipanen dengan dipotong menggunakan gunting biasanya dari jenis tanaman yang mempunyai tangkai buah yang keras seperti semangka, waluh, nangka, labu, dan lain sebagainya.

Adapun jenis tanaman sayur mayur dan buah-buahan yang dipanen dengan cara diambil menggunakan cangkul biasanya jenis umbi-umbian atau kacang-kacangan yang berbuah di dalam tanah. Biasanya tanaman kacang dan umbi seperti talas, kacang tanah, mantang, cembili, dan lainnya dipanen dengan cara diambil menggunakan cangkul. Kemudian hasil umbi atau kacang yang sudah dipanen lalu dibersihkan dari tanah.

PESAN SPONSOR