Cara Merawat Akar dan Tunas Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Lebat

Perawatan pada akar tanaman cabe ditujukan supaya tanaman cabe menjadi lebih kuat, kokoh, serta tidak mudah roboh sebab misalnya tertiup angin kencang, atau karena intensitas curah hujan terlalu tinggi.

Akar tanaman cabe bisa dilakukan perawatan dengan cara membuat agar akar tanaman cabe lebih sehat yaitu dengan cara penyiraman secara berkala. Baca juga: Manfaat Memberi Tiang Ajir Pada Tanaman Cabe.

Penyiraman tanaman sebaiknya menggunakan air bersih untuk mendapatkan kualitas tanaman yang jauh lebih baik. Sebisa mungkin hindari penyiraman tanaman cabe memakai air sungai yang tercemar limbah, karena di dalam limbah yang tercemar zat-zat toksik (zat racun, baca = toksikologi tanaman).

Zat toksik tersebut akan mengganggu dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya. Bisa jadi akan menghambat pertumbuhan organ akar, batang, daun, bunga, serta buah.

Selain faktor penyiraman, perawatan akar+tunas tanaman cabe yaitu dengan cara melakukan pemupukan tanaman secara teratur. Sebisa mungkin gunakan jenis pupuk yang banyak mengandung unsur Phospor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan Nitrogen (N) dalam jumlah yang cukup.

Dari kelima unsur hara tersebut, unsur Nitrogen (N) serta Mg sangat berperan penting sebagai aktivitator berbagai macam enzim dan memperbaiki fungsi transportasi pada jaringan xilem di akar.

Adapun jenis pupuk yang mengandung unsur hara tersebut ternyata memang ternyata banyak dijual di pasaran/toko pupuk tanaman. Silakan baca dan klik artikel saya berikut ini, klik: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.

PESAN SPONSOR