Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Cara Meningkatkan Produksi Buah Mentimun dengan Cara Pemangkasan Tunas Air

Membudidaya Mentimun memang sangat menyenangkan. Apalagi jika tiap-tiap pohon mentimun terlihat sehat, batangnya kuat, serta mampu memproduksi bunga dan buah yang lebat.

Untuk meningkatkan hasil budidaya pertanian timun, maka ada teknik/cara baru yang dapat anda gunakan, yaitu teknik pemangkasan timun pada tunas air.

Baru-baru ini, seorang petani asal Indonesia yang bernama Ahmad Fahrudin mulai membuat inovasi terbaru untuk meningkatkan hasil panen timun dengan cara pemangkasan pada tunas air.

Pada prakteknya, memang cukup mudah sekali untuk menerapkan teknik baru dalam meningkatkan produksi panen buah mentimun.

Menurut pak Ahmad Fahrudin, bahwa cara untuk melakukan pemangkasan tunas air dapat ditempuh melalui cara (langkah tahap demi tahap).

Beliau membuat gambaran (sketsa) tentang bagaimana cara pemotongan tunas air yang tidak produktif pada pohon mentimun seperti penjelasan singkat disertai gambar di bawah ini !

  • Setiap ketiak daun keluar tunas air, dan setiap tunas air itu pasti muncul bunga jantan dan bunga betina, maka ketika keluar bunga jantan tunasnya dipotong. Caranya: nunggu dulu keluar bakal buah, kemudian dipangkas titik tumbuhnya; Lihat ilustrasi (sketsa gambar di bawah ini). Keterangan:  x (tunas air yang harus dipotong/dipangkas). Tujuan dari pemangkasan ini adalah supaya nutrisi tidak sia-sia terbuang pada organ daun dan tunas tidak produktif. Jika dilakukan pemangkasan tunas, maka nutrisi akan fokus diedarkan ke buah dan buah mentimun tidak akan bengkok. Untuk mentimun buah akan banyak bermunculan pada daun ke-9,10,11,12,dan 13.
  • Pemotongan tunas air di atas buah dikasih 1 daun;
  • Berikut hasil pohon mentimun menghasilkan buah saat diberi perlakuan dengan teknik potong/toping/pemangkasan pada tunas airnya.
Mentimun
Tanaman Mentimun Dibudidaya Secara Organik Berbuah Lebat. Photo Kontributor: KPM

Semoga informasi tentang teknik meningkatkan produksi timun dengan pemangkasan tunas air di atas bermanfaat untuk anda. Semoga berhasil !

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR