Cara Mengetahui Buah yang Sudah Matang dan Siap Petik

Mengetahui setiap karakteristik buah yang sudah matang memang hal yang bagus bagi seorang petani/pekebun. Setiap tanaman buah pasti memiliki karakteristik khusus meliputi; kapan lamanya waktu berbuah, warna buah ketika matang, lamanya pematangan buah di pohon, kapan buahnya siap dipetik, dan masih banyak ciri lain yang penting dipelajari bagi seorang pekebun hortikultura.

Sebagian buah jika sudah matang biasanya akan memiliki warna buah yang berbeda dengan warna buah ketika masih muda. Contohnya adalah buah pisang, ketika masih muda warna buahnya hijau muda hingga hijau tua, tapi ketika matang umumnya berwarna kuning langsat, dan beberapa spesies ada yang berwarna merah tua, atau berwarna kuning-kecokelatan.

Buah Mentimun Masak
Buah Mentimun Masak

Selain itu, ciri yang bisa dirasakan dari buah yang telah masak biasanya ketika dipencet pada bagian daging buahnya akan terasa empuk, lembek, atau bisa beraroma khas, wangi/harum.

Dengan mengetahui karakteristik buah yang sudah matang, maka anda tidak salah dalam memetik buahnya, dan anda akan tahu waktu yang paling tepat dalam pemetikannya. Semoga informasi sederhana di atas berguna untuk anda. Jangan lupa baca juga:  Cara Mengetahui dan Mencegah Tanaman Mengalami Klorosis dan Nekrosis.

PESAN SPONSOR