Cara Mengemas/Pengemasan Buah Pepaya California yang Baik dan Benar

Buah pepaya california yang sudah tua/matang dipetik menggunakan tangan manual/dengan cara dipluntir atau dipotong menggunakan pisau. Setelah itu buah dimasukkan ke dalam wadah karung/keranjang. Buah kemudian diangkut di daerah dekat aliran air (sungai dan sejenisnya). Lalu buah-buah tersebut dicuci sampai bersih, sehingga akan ramah terhadap mata pembeli. Konon, kata petani pepaya yang pernah saya temui, bahwa mencuci buah pepaya dapat mempercepat waktu pematangan buahnya.

Buah Pepaya California Setelah Dicuci Bersih
Buah Pepaya California Setelah Dicuci Bersih dan Dianginkeringkan. (Tipspetani.com)

 

Setelah buah pepaya dicuci bersih, selanjutnya buah pepaya ditiriskan atau dianginkeringkan sampai benar-benar kering buahnya. Setelah buahnya kering, barulah dilakukan pengemasan buah pepaya california.

Pengemasan/mengemas buah pepaya bisa dilakukan secara mudah asalkan terampil dan disiplin. Buah pepaya yang hendak dijual di pasar agar terkesan cantik dan mengundang minat beli masyarakat, maka perlu diberikan label. Anda sebagai petani pepaya harus kreatif. Anda bisa membungkus buahnya dengan kertas koran bekas, atau bisa menyantumkan nama label perusahaan pepaya anda langsung pada wadah plastik pembungkus buah pepaya, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Pengemasan buah pepaya california
Pepaya California siap Didistribusikan, Sudah Diberikan Label+Kantung Plastik di dalamnya. (Tipspetani.com).

Dengan menyantumkan label pada bungkus plastik pepaya kalifornia anda, maka brand/nama perusahaan pertanian anda akan semakin dikenal orang. Anda juga bisa melampirkan nomor hp, alamat website/toko, serta sosial media seperti twitter, facebook, dan instagram pada kemasan pembungkus buahnya.

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengemas/pengemasan buah pepaya california yang baik dan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Silakan baca juga artikel menarik berikut ini: Cara Memanen dan Memetik Pepaya California yang Baik dan Benar.

PESAN SPONSOR