Cara Mencangkok Jambu Biji (Jambu Kristal) dengan Sistem Berderet

Mencangkok merupakan cara terbaik untuk memperoleh tanaman baru yang unggul seperti pada tanaman induk. Jika tanaman induknya adalah tanaman unggul dan sering berbuah lebat, maka peluang besar bagi tanaman yang dicangkok untuk mewarisi gen dari induknya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara mencangkok jambu biji (jambu kristal hijau) dengan sistem berderet. Cara ini saya lakukan yakni dengan mencangkok beberapa bagian pada batang tanaman jambu biji tersebut. Jadi misalnya, dalam 1 batang tanaman bisa saya cangkok menjadi lebih dari satu cangkokan.

Berikut ini cara foto ketika saya mencangkok tanaman jambu biji dengan sistem berderet:

mencangkok jambu biji dengan sistem berderet
Mencangkok jambu biji dengan sistem berderet
Mencangkok jambu biji dengan sistem berderet
Mencangkok jambu biji dengan sistem berderet
Tanaman jambu biji hasil cangkok berderet
Tanaman jambu biji hasil cangkok berderet

Untuk mencangkok dengan sistem berderet ini, maka langkahnya sama seperti mencangkok tanaman pada umumnya. Hanya saja dalam satu batang tanaman bisa digunakan untuk mencangkok lebih dari satu.

Media tanam: Tanah liat yang dicampur sekam padi dengan perbandingan berturut-turut yaitu 3:1.

Alat-alat: curter/pisau (untuk membentuk pola cangkokan seperti biasanya), plastik transparan putih, pengikat/tali rafia.

Jangan lupa setelah dicangkok disiram secara rutin media tanamnya sampai benar-benar muncul akar pada batang yang dicangkok.

Mungkin anda menyukai artikel berikut ini: Kerugian dan Keuntungan Mencangkok Tanaman.

PESAN SPONSOR