Cara Memperkuat Batang Bibit Cabe Supaya Tidak Mudah Patah dan Rusak

Saat menyemai bibit cabe, terkadang ada perasaan khawatir tentang kondisi bibit yang disemai. Kekhawatiran mulai muncul ketika melihat bibit cabe pada bagian batangnya mudah patah, kurus, dan rusak. Kerusakan batang cabe bisa saja karena penyebab hama dan penyakit. Batang cabe yang tidak kuat dan cenderung kurus karena pada tanaman cabe kekurangan unsur hara tertentu yaitu Kalium dan Kalsium. Selain itu, unsur Magnesium, Nitrogen, dan Molibdenum penting untuk memelihara batang, akar, daun pada tanaman cabe secara intensif.

Dampak Negatif Pupuk Kimia Sintesis dan Pestisida
Tanaman cabe tumbuh subur hasil dari pembibitan yang benar (penggunaan unsur Kalsium dan Kalium) yang sesuai.

Cara memperkuat batang pada bibit cabe agar tidak mudah patah yaitu dengan menambahkan pupuk organik maupun anorganik yang mengandung unsur utama Kalsium (Ca) dan Kalium (K), serta N, P, K, Mg. Biasanya banyak sekali pupuk-pupuk di pasaran dengan kandungan unsur hara tersebut. Dan aplikasinya, yaitu dengan cara membuat larutan pupuk cair dari campuran air biasa + pupuk anorganik yang mengandung unsur hara di atas, kemudian disemprotkan pada bibit yang disemai. Dosisinya untuk 1 Liter air, maka cukup 4 sendok pupuk anorganik, campur jadi satu, aduk merata, lalu diaplikasikan setiap 7 hari sekali.

Dengan cara di atas, maka saya akan menjamin bahwa tanaman bibit cabe anda akan tumbuh subur. Cara di atas, sering saya pakai bersama teman-teman petani di daerah Lampung. Dan alhamdulillah hasilnya luar biasa. Selamat mencoba.

PESAN SPONSOR