Cara Memperbanyak Tunas Tanaman Cabe

Tanaman cabe jika kekurangan unsur hara (nutrisi) biasanya akan memiliki porsi tubuh tanaman yang tidak ideal. Adakalanya batang tanamannya menjadi kurus, bahkan muncul tunas cabang yang sedikit sehingga akan mengurangi peluang tanaman cabe berbuah lebat.

Banyak petani di Indonesia yang menginginkan tanaman cabe muncul tunas batang atau ranting yang banyak sehingga hasil panen pun jadi lebih meningkat. Maka dari itu, saya akan memberikan tips bagi para petani di tanah air tentang cara/teknik/metode yang tepat untuk memperbanyak tunas tanaman cabai.

Manfaat Zat Pengatur Tumbuh
Tanaman cabe berbuah lebat.

Cara memperbanyak tunas tanaman cabe dapat ditempuh dengan cara simpel berikut:

  • Lakukanlah penyiraman tanaman cabe secara rutin sejak awal ditanam hingga menginjak waktu pembungaan. Air sangat berguna untuk menghidrasi ketercukupan air pada tubuh tanaman cabe untuk menghasilkan tunas-tunas baru;
  • Lakukan pemumpukan dengan memastikan pupuknya banyak mengandung unsur hara seperti Nitrogen (N), Kalium (K), Kalsium (Ca), dan Magnesium (Mg). Unsur hara ini sangat penting untuk menambah jumlah tunas/ranting pohon cabe jadi banyak;
  • Lakukan juga tindakan perempelan pada tanaman cabe;
  • Lakukan juga tindakan pendangiran dan penyiangan pada tanaman cabe.

Keempat point/langkah-langkah di atas sangat penting sekali sebagai langkah tepat untuk menjadikan tanaman cabe lebih subur dan sehat, termasuk merangsang agar pertumbuhan dan perkembangan tunas-tunas atau rantingnya semakin bertumbuh pesat (banyak). Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR