Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Cara Memperbanyak Bunga dan Buah Pada Tanaman Mentimun

Mentimun merupakan jenis tanaman buah yang paling sering dibudidaya oleh petani di Indonesia. Tingkat penanaman yang gampang membuat budidaya mentimun ini cukup digemari. Sukses dalam tanam-menanam mentimun pasti tidak terlepas dari strategi bagaimana meningkatkan kualitas bunga dan buahnya. Ternyata tanaman mentimun yang banyak bunganya akan jauh lebih berpeluang menghasilkan buah yang banyak. Dan secara otomatis apabila buah yang dihasilkan banyak ketika panen tiba, maka petani akan lebih diuntungkan.

Budidaya mentimun di lahan bedengan bermulsa plastik
Budidaya mentimun di lahan bedengan bermulsa plastik, (Doc foto oleh Wahid Priyono, S.Pd.)

Ada cara jitu yang baik ketika membudidaya mentimun agar bunga yang diciptakan semakin banyak, serta buanya lebih banyak, yaitu penggunaan pupuk kandang dengan motif 1 pupuk yaitu pakai pupuk kotoran ayam saja. Dibandingkan dengan pupuk kotoran ternak lain, ternyata pupuk dari kotoran ayam ini sangat baik sekali untuk merangsang pembentukan bunga, tunas, dan buah. Sebaiknya aplikasinya bisa sebanyak 2 kali dalam 1 periode tanam, yaitu:

  • pertama, pada saat umur bibit di bedengan berumur 30 hst, berikan masing-masing tanaman 1 genggam pupuk kandang dari kotoran ayam yang telah kering/difermentasi;
  • kedua, ketika tanaman mentimun mulai akan berbunga, sekitar berumur 45 hst atau selambat-lambatnya 50 hst (hari sejak tanam). dosisnya 1 genggam tangan orang dewasa;
  • ketiga, aplikasi tambahan yakni setelah tanaman timun berumur 70 hst, tambahkan pula pupuk TSP atau KCL. Cukup pilih salah satu saja (dosis = 1/2 genggam tangan orang dewasa/tanaman. Saya merekomendasikan kedua pupuk ini karena efeknya sangat bagus untuk menunjang produksi buah mentimun yang melimpah.

Jangan lupa, selain perawatan tanaman mentimun dengan cara pemupukan, pastikan juga kegiatan penyiraman, pedangiran, dan penyiangan telah anda lakukan pada lahan bedengan timun. Dengan melakukan hal-hal ini, maka bisa menunjang dalam kesuksesan budidaya mentimun.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR