Cara Memilih Bibit Tanaman Berkualitas Tinggi (High Quality)

Sebelum menanam tanaman, seorang petani terlebih dahulu memilih bibit tanam yang bagus dan berkualitas tinggi (high quality). Bibit tanam berupa bibit tanam dari biji (diperoleh secara generatif), maupun bibit tanam secara vegetatif (sebagai contohnya: bibit hasil cangkok batang, hasil stek, hasil okulasi, dan lain sebagainya).

Apabila anda membeli bibit tanam secara generatif (dari biji), maka anda bisa mencari agen resmi penjualan bibit yang terverifikasi, terpercaya, dan kedibilitasnya baik. Dengan begitu, anda akan mendapatkan bibit berkualitas tinggi (high quality).

Perkecambahan Biji
Bibit Muda Tomat Rampai Melewati Masa Perkecambahan Biji, Photo Original by: Wahid Priyono

Perlu diingat bahwa anda juga perlu berhati-hati ketika hendak membeli bibit karena banyak juga beredar bibit tidak bermerek dan tidak tersertifikasi, dan tentu ini akan meragukan bagi anda.

1. Teknik/Cara Memilih Bibit Tanam yang Baik dan Benar

Jika anda membeli bibit tanaman, atau akan membuat bibit tanam sendiri dari hasil panen, maka bibit tanam yang baik mempunyai ciri/karakteristik sebagai berikut:

  • Apbila biji direndam dalam air, maka biji-biji calon bibit tersebut akan tenggelam, dan tidak mengapung atau melayang di air;
  • Permukaan atau keseluruhan bagian bibit utuh dan tidak ada gigitan serangga, bopeng, atau serangan hama pemakan biji;
  • Bijinya terlihat segar dan kuat jika ditekan dengan tangan;
  • Bibit tersertifikasi dari instansi pertanian terkait (jika dibeli dalam betuk kemasan);

Adapun jenis-jenis bibit yang sering diperjualbelikan di pasaran seperti bibit sawi, bibit kangkung, bibit kacang tunggak, bibit semangka tanpa biji, bibit tomat, bibit mentimun, labu, bibit cabai, dan lain-lain.

2. Teknik/Cara Memilih Bibit Tanam Secara Vegetatif (Cangkok Batang, Stek, dll)

Memilih bibit dengan cara dicangkok adalah langkah paling tepat untuk mendapatkan tanaman lebih unggul, sebab tanaman hasil cangkok akan jauh lebih cepat berbuah dan pembuahannya lebih cepat dibanding tanaman yang diperoleh dari pengembangbiakan secara generatif dengan biji. Perkembangbiakan tanaman yang ditanam dari pembibitan biji sangat lama dan relatif waktu tunggunya kurang efektif.

Anda bisa mencangkok sendiri, atau jika tidak sempat bisa membeli tanaman hasil cangkok di kios khusus penjualan bibit tanaman yang terkenal bagus dalam menghasilkan tanaman cangkok.

Harga tanaman cangkok tiap tanaman berbeda-beda, dan umumnya memang yang paling banyak dijual adalah tanaman cangkok seperti tanaman buah-buahan. Tanaman buah yang sering dicangkok misalnya: rambutan, jambu biji, jambu air, alpukat, mangga, kelengkeng, cokelat, sukun, dan tumbuhan dikotil lainnya.

Jadi kesimpulannya yaitu jika anda hendak membeli bibit, maka jangan sungkan anda bertanya kepada penjual bibit yang bersangkutan. Tanyakan sesuatu hal yang memang belum anda pahami tentang bibit tersebut kepada pakar/ahlinya, dengan begitu anda akan memperoleh bibit berkualitas, sehingga akan menguntungkan bagi anda nantinya. Semoga informasi singkat di atas bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi bagaimana tatacara dalam pemilihan bibit tanam yang baik dan benar.

PESAN SPONSOR