Cara Membuat Pohon Jeruk Berbuah Lebat dan Tidak Mudah Rontok Buah dan Bunganya

Pohon jeruk banyak sekali ditanam oleh masyarakat di Indonesia. Baik itu berupa hasil persilangan, cangkok, atau okulasi dan lain sebagainya. Untuk mempercepat tanaman jeruk berbuah, biasanya petani cenderung memilih bibit yang berasal dari hasil cangkok atau juga okulasi. Dengan dua cara tersebut, setidaknya tanaman akan jauh lebih cepat berbuah, bahkan hitungan tahun yang lebih rendah (setidaknya 2 tahun ke atas). Ini juga tergantung dari jenis tanaman yang dibudidaya.

pohon jeruk berbuah lebat
Pohon jeruk berbuah lebat (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Banyak para petani yang menanyakan kepada saya, bahwa gimana cara membuat pohon jeruk berbuah lebat dan bunga/buahnya tidak mudah rontok?.

Agar pohon jeruk berbuah lebat, maka saat penanamannya harus dilakukan:

  • Berasal dari tanaman cangkok/okulasi. Dari kedua cara ini terbukti akan menghasilkan tanaman yang cepat berbuah. Carilah bibit unggul dan berprospek bagus;
  • Lakukan pendangiran dan penyiangan pada tanaman jeruk secara rutin dan terjadwal. Pastikan lahan tanam terbebas dan gulma dan lahan di sekitar tempat tumbuh tanaman jeruk benar-benar gembur, sehingga memungkinkan banyak mikroorganisme tanah yang berkembang disitu.
  • Lakukan penyiraman jika keadaan tanahnya kering, ini terutama untuk tanaman jeruk yang masih dalm proses pembibitan dan atau penanaman di awal musim;
  • Lakukan pemupukan setiap 1 bulan sekali, baik dengan menggunakan pupuk kandang (kotoran ayam, sapi, kambing), dan juga pupuk anorganik seperti TSP, KCL, Urea.

4 cara di atas jika dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan tanaman jeruk yang berbuah lebat, juga merangsang bunga dan pertumbuhan organ tanaman yang jauh lebih baik. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: 10 Syarat-Syarat Memilih Batang Cangkok yang Baik dan Benar.

PESAN SPONSOR