Cara Membersihkan Gulma Agar Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Memiliki tanaman cabe yang mempunyai pertumbuhan sehat, kuat, subur dan memiliki buah lebat adalah hal yang sangat diharapkan bagi seorang petani cabe, namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan perawatan tanaman yang tepat, terencana, dan memenuhi kedisiplinan tinggi yang diterapkan bagi tanaman cabe.

Perawatan tanaman cabe menjadi kunci penting agar tanaman cabe tumbuh subur, sehat, dan mampu menghasilkan buah sangat lebat, dan produktivitas hasil panen tinggi.

Perawatan tanaman cabe meliputi beberapa cara diantaranya adalah penyiraman, pemupukan, pendangiran, penyiangan, perempelan pada tanaman cabe, pemberantasan hama serta penyakit pada tanaman cabe tersebut.

Pada kesempatan kali ini, admin tipspetani.com akan memberikan informasi terkait tentang bagaimana tatacara/teknik membersihkan gulma (rumput liar) agar tanaman cabe tumbuh subur dan berbuah lebat.

  1. Keuntungan Positif Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe

Gulma ternyata menjadi sarang bagi hama untuk tumbuh dan mengalami proses metamorfosis untuk menghasilkan anakan yang baru. Sehingga jika lahan tempat dimana tanaman cabe tumbuh dan banyak terdapat banyak gulma maka hal ini akan berdampak buruk bagi pertumbuhan tanaman cabe, diantaranya yaitu tanaman cabe bisa jadi pertumbuhan organnya menjadi lebih kurus dan kurang unsur hara (difisiensi kekahatan unsur hara tertentu) sebab terjadi kompetisi/perebutan nutrisi hara antara tanaman cabe dengan tanaman gulma parasit.

Jadi, sangat penting sekali lahan tanam cabe itu harus bersih dan terbebas gulma. Adapun manfaat/keuntungan dari membersihkan gulma pada tanaman cabe diantaranya adalah:

  • Tanaman cabe akan lebih subur karena tidak ada perebutan/kompetisi antara tanaman cabe dengan gulma;
  • Laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe akan lebih cepat;
  • Produktivitas hasil panen lebih tinggi;
  • Tanaman cabe mampu menghasilkan buah yang lebih lebat/jumlahnya banyak, dan hal inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para petani;
  • Transportasi nutrisi (unsur hara makro dan unsur hara mikro) pada tanaman cabe akan berjalan lancar dari akar menuju ke organ tanaman cabe lainnya).

 

  1. Cara Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe

Membersihkan tanaman cabe dari gulma sangat mudah dikerjakan, dan hampir semua orang yang memang bukan petani juga pasti bisa, asalkan tahu caranya. Membersihkan gulma sebenarnya bisa saja dilakukan secara manual menggunakan tangan dengan cara mencabut rumput gulma. Namun, ada juga cara membersihkannya menggunakan alat-alat pertanian. Berikut ini cara membersihkan tanaman cabe dari gulma dengan menggunakan alat khusus, yaitu:

  • Gunakan alat pembersih gulma bisa menggunakan cangkul kecil, pencong, atau alat pendangiran/pengoret lainnya yang relevan;
  • Saat penyiangan/membersihkan gulma sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan bisa dilakukan bersamaan dengan pendangiran (penggemburan lahan);
  • Koret gulma menggunakan alat di atas sampai kepada bagian akarnya, jangan sampai ada yang tertinggal di dalam tanah. Sebab, beberapa jenis gulma bisa memunculkan tunas pada bagian akar/rhizom/umbi yang tertinggal di dalam tanah;
  • Gulma/rumput yang sudah dibersihkan/dicabut/dikoret, sebaiknya langsung dikumpulkan dalam 1 tempat/lubang, kemudian tunggu sampai kering lalu dibakar supaya spora-spora pada gulma akan lenyap.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang bagaimana cara membersihkan tanaman cabe dari gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe. Semoga informasi di atas berguna untuk anda.

PESAN SPONSOR