Cara Alami Menyembuhkan Tennis Elbow dengan Serai, 100% Dijamin Sembuh Total !

Hallo teman-teman tipspetani.com. Awal bulan Juni 2019, atau tepatnya menjelang lebaran saya sempat mengalami tennis elbow. Gejala ini mulai muncul ketika saya bermain badminton dengan intensitas tinggi. Dari beberapa referensi yang saya baca di internet, bahwa tennis elbow ini adalah nyeri dan peradangan pada sendi di sisi luar siku (sakit pada siku tangan). Kondisi ini terjadi akibat tekanan yang berlebihan pada otot dan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang (tendon) di lengan bawah sekitar siku tangan. Gejala ini merupakan yang paling umum dialami oleh atlet olahraga yang menggunakan siku tangan secara berlebihan (contoh pemain badminton, tennis lapangan, tennis meja, dan lain sebagainya). Penggunaan siku lengan tangan yang berlebihan inilah yang menyebabkan spasme, inflamasi/peradangan otot, kejang otot, bengkak, serta terasa nyeri yang sangat terasa pada saat lengan digunakan untuk beraktivitas.

Kalau tennis elbow yang saya alami ini murni karena saya menggunakan otot siku tangan untuk bermain badminton. Ada beberapa alasan mengapa saya terkena tennis elbow:

  • Pemanasan (warming up) dan pendingan yang kurang optimal selama dan setelah berolahraga; Sebaiknya lakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga. Dan penting juga lakukan pendinginan pasca/setelah berolahraga agar otot-otot di seluruh tubuh siap untuk menerima pekerjaan fisik yang berat;
  • Terlalu banyak melakukan backhand smash (dan inilah teknik backhand smash yang sering saya pakai berulang-ulang sehingga menyebabkan otot-otot yang ada di siku tangan menjadi cepat lelah dan kontraksi terus-menerus);
  • Pegangan raket (grip raket) saya yang terlalu kecil sehingga menyebabkan otot-otot di sekitar tulang siku tangan menjadi tegang (kontraksi), yang juga menambah sakit siku lengan tangan saya. Rekomendasi dari saya sebaiknya gunakan grip raket yang sesuai dengan ukuran genggaman tangan anda. Saya mulai berangsur sembuh setelah saya double grip raket saya yang semula grip berbahan karet kemudian saya double/lapisi lagi dengan grip berbahan kain;
  • Over latihan (latihan yang berlebih) juga yang menyebabkan saya mudah terkena cidera tennis elbow ini. Rekomendasi saya sebaiknya latihan secukupnya, jangan terlalu dipaksa jika tangan sudah lelah. Beristirahatlah secukupnya.
Tanaman serai
Tanaman serai (Doc. Wahid Priyono,S.Pd.)

Kemudian setelah saya terkena tennis elbow ini, saya mencoba resep racikan sendiri yaitu dengan menggunakan rimpang dan daun sereh/serai (nama ilmiah tanaman ini adalah Cymbopogon citratus). Resep ini saya buat karena termotivasi dengan resep yang sebelumnya juga saya buat dengan bahan yang sama untuk menyembuhkan kaki kucing dan ayam yang mengalami patah tulang, atau keseleo. Cara membuat dan mempraktekkan obat tradisional berbahan serai untuk pengobatan tennis elbownya sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • Rimpang serai/sereh yang sudah dicuci bersih

Cara Membuat:

  • Tumbuk rimpang sereh sampai agak memar;
  • Kemudian letakkan rimpang sereh yang sudah memar tersebut di bagian yang sakit, termasuk di bagian sekitar siku (balurkan secara merata);
  • yang terakhir adalah bungkus siku tangan yang sudah diberi serai tersebut dengan menggunakan perban elastis (banyak dijual di apotek); Perhatian: jangan terlalu kencang mengikat perban elastis pada tangan. Agak kendor dikit aja/sampai anda nyaman.
  • Lakukan pengobatan ini selama 2 minggu rutin, pagi dan sore setelah mandi gunakan serai tersebut.
  • Insya Allah dengan berkat ridho Allah, sakit tennis elbow yang saya derita berangsur sembuh. Dan yang terpenting, grip raketnya diperbesar saja ya.
  • Catatan: setelah pemakaian biasanya kulit akan terasa panas dan mengelupas (efek ekstrak sereh). Ini adalah reaksi wajar dan tidak berbahaya, karena sayapun mengalaminya.

Ini foto waktu siku tangan saya terkena tennis elbow dan sedang menjalani pengobatan tradisional menggunakan serai. Dan alhamdulillah minggu kedua setelah pengobatan dengan cara di atas, maka 100% siku tangan saya kembali normal. Kini, sudah bisa bermain badminton seperti biasanya. Alhamdulillah ya Robbalalamiin.

tennis elbow
tennis elbow yang saya alami, dengan cara membalurkan rimpang sereh yang sudah ditumbuk ke bagian siku yang sakit lalu dibungkus dengan perban elastis.

Semoga bermanfaat dan bisa anda coba jika anda saat ini sedang mengalami tennis elbow. Wassalamualaikum.wr.wb.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *