Bolehkan Menyiram Cabe pada Waktu Siang Hari?

Penyiraman pada tanaman cabe dapat dilakukan pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya, pada saat lahan tanam cabe (bedengannya) kering, maka penyiraman mutlak dilakukan. Penyiraman dilakukan untuk memastikan bahwa kelembaban tanahnya tinggi, sehingga memudahkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Penyiraman pohon cabe umumnya dilakukan lebih sering jika tanaman masih berusia muda. Hal ini dilakukan karena pada masih usia muda, sel-sel tanaman masih aktif melakukan pembelahan (selnya masih bersifat meristematik). Namun, pada masa dewasa, sebenarnya penyiraman dilakukan pada saat-saat tertentu saja, namun rutin.

efek hujan asam
Tanaman pertanian berhasil tumbuh dengan baik, dengan waktu siram yang tepat, (Dokumentasi: Wahid Priyono, S.Pd.)

Idealnya, untuk waktu penyiraman (siram) cabe yaitu pada pagi dan sore/menjelangan malam. Namun, banyak sekali para petani yang tidak mau menyiram cabe pada waktu pagi hari. Alasannya, karena tingkat transpirasi (penguapan) pada daun tanaman yang cukup tinggi selepas fotosintesis pada pagi hari. Pada waktu pagi, proses fotosintesis tanaman dimulai, dan dalam proses fotosintesis membutuhkan air sebagai pelarut berbagai enzim, dll. Air juga dalam proses fotosintesis dijadikan sebagai medium cahaya untuk proses fotolisis air di mesofil daun. Dari proses fotosintesis inilah dihasilkan glukosa yang akan digunakan oleh tanaman untuk berbagai kegiatan metabolisme untuk menghasilkan energi.

Maka, dapat diberikan saran bahwa, sebaiknya untuk penyiraman tanaman cabe yang bagus adalah pada pagi dan sore hari selepas ashar. Sebab, pada waktu tersebut tingkat transpirasi tanaman rendah, dan bagus bagi tanaman jika ditambahkan air. Sebaliknya, jika penyiraman cabe pada waktu siang hari, maka beberapa kasus dilapangan akan membuat tanaman mudah layu, dan rentan mengalami kematian secara tiba-tiba. Silakan baca juga: https://tipspetani.com/kenapa-benih-cabai-di-lahan-susah-besar/

PESAN SPONSOR