Berapa Usia Tanaman Cabe ?

Usia tanaman cabe (masa hidup) dari satu jenis dengan jenis/varian lainnya pasti akan berbeda-beda. Ini terjadi karena faktor genetik yang dibawa oleh setiap jenis cabe berbeda, perbedaan jumlah gen dan kromosom. Serta kemampuan sel/jaringan untuk meregenerasi secara baik juga menjadi faktor penting.

Usia tanaman cabe bervariasi, ada yang lamanya sampai satu tahun terus-menerus menghasilkan buah. Ada yang sampai 6 bulan, bahkan sebelum memasuki usia produktif tanaman sudah mati terlebih dahulu. Kematian tanaman juga terjadi karena perawatan tanaman yang tidak baik.

Tanaman Cabe Mulai Berbunga karena Terbebas Dari Gulma
Tanaman Cabe Mulai Berbunga dan Berbunga (Wahid Priyono, S.Pd).

Namun, rata-rata dari hasil pemantauan di lapangan (area pertanian cabe) dari sejumlah varian cabe yang ditanam, telah mengidentifikasi bahwa lamanya usia tanaman cabe adalah 6-12 bulan. Ini adalah waktu dimana tanaman cabe sudah tidak produktif menghasilkan buah dalam jumlah besar. Usia ideal cabe menghasilkan bunga dan buah dalam skala besar yaitu kisaran umur 35 – 180 hst (hari sejak tanam). Silakan baca juga: Berapa jarak tanam cabe besar ?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *