Berapa Hari Sekali Panen Lombok (Cabai) ?

Panen cabai adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh petani. Panen cabe setidaknya terjadi sekitar 2,5-3 bulan dan seterusnya selama buahnya masih tersedia. Panen cabe dilakukan secara bertahap dan kontinyu. Artinya, tidak semua cabai langsung dipanen sekaligus, tapi melihat terlebih dahulu apakah buah cabenya sudah masak, atau seminimal-minimalnya buah sudah tua. Pemilihan antara buah tua dan matang harus jeli dilakukan, agar buah yang masih muda tidak ikut dipanen.

Waktu idel untuk pemanenan cabai/lombok tentu tergantung dari seberapa banyak lahan yang digunakan untuk membudidaya cabe. Jika lahan luas berhektar-hektar ditanami cabe, maka saat panen tiba, kegiatan pemanenan bahkan bisa dilakukan rutin setiap hari. Jika skala penanaman masih tidak terlalu luas, maka waktu pemetikan bisa per dua hari/3hari sekali. Ini juga tergantung dari seberapa banyak buah yang sudah tua dan siap petik. Jadi, pastikan bahwa dalam pemanenan cabe fokus untuk memanen buah yang sudah tua dan matang saja. Hal ini bertujuan supaya menyisakan buah muda untuk dipanen pada hari-hari berikutnya.

siap panen cabe
siap panen cabe, (Wahid Priyono, S.Pd.)

Pemetikan cabai bisa secara manual atau menggunakan alat khusus petik cabe. Pemetikan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi sampai siang hari, dan dilanjutkan pada sore hari. Pemetikan pada pagi hari idealnya sekitar pukul 8 pagi – 11 siang. Dilanjut mulai pkl. 14.30 – 17.30 atau lebih, sesuai kebutuhan. Pemetikan dengan irama waktu seperti ini sering saya lakukan saat membudidaya cabe dalam jumlah yang cukup banyak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR