Berapa Bulan Tanaman Cabe Baru Berbuah Lebat ?

Setelah proses penanaman cabe secara intensif dilakukan, mulai dari perawatan dll, kini saatnya panen. Di Indonesia sendiri setidaknya dari awal pembibitan sampai menginjak panen tiba membutuhkan waktu di atas 2,5 bulan. Itu artinya, banyak sekali pengorbanan waktu, tenaga dan materi untuk mengurus berbagai kebutuhan tanaman. Berbagai formulasi jenis pupuk diberikan pada tanaman, dengan harapan hasil panen atau buahnya menjadi lebat. Ini tentunya akan menjadi kebanggaan bagi petani itu sendiri.

Tanaman cabe berbuah lebat
Tanaman cabe berbuah lebat, (Dokumentasi foto oleh: Wahid Priyono, S.Pd).

Jika perawatan tanaman cabe dilakukan secara baik dan benar, maka waktu tercepat untuk tanaman berbuah kisaran di atas umur 2 bulan. Atau bisa juga lebih dari waktu tersebut. Namun sebaliknya, jika perawatan dilakukan kurang benar dan kurang hati-hati, maka hasil finalnya pasti tidak memuaskan. Bahkan bisa gagal panen.

Jadi intinya, cepat atau lambatnya panen cabe bisa lebih cepat atau lambat tergantung petaninya itu sendiri. Jika dalam pembudidayaan cabe dilakukan dengan baik dan benar, disiplin dan tekun pasti hasilnya akan memuaskan. Bahkan produktivitas hasil panen meningkat (tanaman cabe berbuah lebat).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *