Bagusnya Umur Berapa Hari Bibit Cabe Dipindahkan dari Semai ke Lahan ?

Menginjak musim hujan memang sangat tepat jika para petani di Indonesia mulai menanam berbagai jenis tanaman palawija. Termasuk budidaya cabe juga penting di musim hujan. Curah hujan yang tinggi sangat bagus untuk  pertumbuhan dan perkembangan pohn cabe. Di musim hujan juga, jika petani cabe melakukan penyemaian bibit cabe maka akan berkecambah dengan mudah. Hal ini karena pada saat musim penghujan kadar air di dalam tanah cukup tinggi dan memungkinkan tanaman untuk tumbuh secara optimal.

Penyemaian benih cabe dilakukan bisa di lahan bedengan maupun di wadah pot polybag. Namun, tidak jauh berbeda waktu/hari untuk kapan bibit bisa dipindahkan dari lahan semai ke lahan terbuka (bedengan).

bibit cabe di wadah polybag kecil
bibit cabe di wadah polybag kecil (Doc. Wahid Priyono, S.Pd).

Berdasarkan referensi dan berbagai pengalaman dari petani cabe profesional di daerah Lampung Selatan, bahwa kesimpulannya untuk memindahkan bibit cabe dari lahan semai ke lahan terbuka (bedengan) yaitu pada saat umur cabe 25 – 30 hst sejak tanam awal. Pada umur cabe tersebut, maka organ tanaman cabe sudah lengkap baik itu akarnya, batang, serta daun. Organ tanaman yang sudah tumbuh baik dan lengkap tentu akan mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya pada saat dipindahkan. Semoga bermanfaat.

PESAN SPONSOR