Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

8 Kiat Sukses Berbisnis Online dengan Masterweb.com

Akhir-akhir ini bisnis online menjadi primadona di Indonesia. Tidak memandang batasan umur, semua bisa terjun menjadi seorang pebisnis di dunia maya. Bahkan, banyak sekali kalangan milenial yang memanfaatkan bisnis online melalui website sekarang ini marak. Bisnis online saat ini sudah menjamur dan banyak macamnya, misalnya pembuatan toko online untuk menjual produk, jasa penulisan artikel, content placement, jasa SEO website, jasa backlink untuk website, jasa pembuatan website, dan lain sebagainya. Bahkan keuntungan yang didapatkan dari bisnis online ini lebih besar dan tidak kalah menggiurkan dengan bisnis offline.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa bisnis online merupakan usaha komersil dalam bidang perdagangan baik untuk menjual produk atau jasa, dimana bisnis ini menggunakan internet sebagai wadahnya.

Sementara itu, dilansir dari buku New Enterpreneur Orientation, menjelaskan bahwa bisnis online yaitu aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan perseorangan atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Lalu Bagaimana Cara untuk Memulai Berbisnis Online yang Benar?

Untuk memulai bisnis online yang baik dan benar, maka setidaknya ada beberapa kiat atau cara serta faktor pendukungnya yaitu sebagai berikut:

1. Kenali Passion dan Komitmen

Langkah pertama saat anda akan memulai berbisnis online yaitu mengenali passion yang ada pada diri sendiri. Passion ini nantinya akan disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Sebagai contoh, jika passion anda adalah seorang yang hobi bercocok tanam sayur mayur dan buah-buahan, maka anda bisa mencoba berbisnis online dengan membuat toko online bibit tanaman. Karena umumnya, jika seseorang bekerja sesuai passion atau hobi tidak menutup kemungkinan akan cepat sukses dan berkembang. Hal ini terjadi karena munculnya passion akan membuat seseorang menjadi lebih komitmen dalam berbisnis.

Bekerja sesuai hobi dan atau passion itu sangat menyenangkan. Karena di luar sana banyak orang yang bekerja tidak sesuai hobinya, sehingga sering menimbulkan kebosanan, bisnis menjadi kacau, atau yang paling terparah bisnis yang digelutinya gulung tikar. Tentu semua pebisnis tidak mau bangkrut, mereka ingin mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Maka, gunakan prinsip bahwa hobi yang dibayar itu lebih menyenangkan?

2. Siapkan Modal yang Cukup

Saat sebelum memulai bisnis online, maka langkah penting yang dapat dilakukan selain menemukan passion pada diri sendiri juga penting menyiapkan modal yang cukup. Modal disiapkan sesuai dengan besar kecilnya usaha yang hendak digeluti.

Sebagai contoh, jika anda membuka usaha bibit tanaman secara online melalui e-commers, maka anda perlu menyiapkan modal untuk membeli paket domain dan hosting untuk pengembangan website promosi dari bisnis usaha anda. Selain itu, modal lain yaitu untuk membeli bibit-bibit tanaman dari para penangkar bibit. Selain itu, jika membutuhkan karyawan, maka perlu juga menyiapkan anggaran untuk menggaji para pekerja.

Dan tentunya, penting sekali bagi anda untuk merinci semua target dan anggaran dari bisnis online anda.

3. Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar dari bisnis yang sedang dibangun sangat penting. Target pasar bisa dilihat dari kelas ekonomi masyarakat tertentu. Apakah target pasar mengincar dari kalangan kelas atas, atau kelas menengah ke bawah. Tentukan juga jenis kelamin untuk target pasar. Misalnya, jika anda membuka usaha tentang pakaian wanita, maka target pasar yang tepat yaitu berjenis kelamin perempuan. Jika misalnya anda akan menjual sepatu-sepatu pria, maka target yang cocok berjenis kelamin pria. Produk yang dijual harus sama dengan target pasar saat akan dilakukan promosi ke depannya.

Sama halnya ketika anda menjual produk bibit tanaman melalui website, maka anda bisa menentukan target pasar dan jenis kelamin atau kalangan ekonominya. Mungkin target pasar yang tepat untuk berbisnis bibit tanaman yaitu dari semua jenis kelamin dan semua kelas ekonomi atas maupun menengah ke bawah.

Target pasar lainnya yang patut anda pertimbangkan adalah tentang demografi user sebagai calon pembeli anda. Apakah bisnis anda akan ditujukan untuk orang-orang di daerah tertentu saja, atau skala nasionalkah, atau dapat dijangkau hingga skala Internasional.

Tentunya masih banyak lagi hal-hal mendasar terkait dengan target pasar yang perlu diperhatikan secara jeli. Sebab, memperhatikan prilaku pengguna juga penting sebagai faktor suksesnya bisnis online anda.

4. Online-kan Bisnis yang Sedang Anda Jalankan

Jika passion dan modal sudah disiapkan, kini saatnya mengonlinekan bisnis yang sedang anda jalani. Misalnya bisnis bibit tanaman yang sedang anda jalani tadi bisa dijual secara online yaitu menggunakan website.

Untuk memiliki website yang menunjang bisnis online anda, maka saya rekomendasikan anda memilih hosting bisnis terbaik

yaitu MasterWeb.

Di MasterWeb anda bisa beli hosting dengan harga murah dan tentunya sangat berkualitas tinggi.

Selain itu, di MasterWeb banyak sekali promo menarik saat anda membeli domain dan hosting untuk kepentingan pembuatan website usaha. Jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa, MasterWeb.com merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan hosting murah Indonesia.

Bagi Anda yang mungkin masih awam, bingung atau baru pertama kali ingin mencoba mengonlinekan bisnis/usahanya di MasterWeb.com, maka saya akan menjelaskan bagaimana cara registrasi domain dan hostingnya.

Adapun langkah-langkah untuk memperoleh domain dan hosting murah dari MasterWeb yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 2 yaitu Konfigurasi Domain

Setelah anda mengakses halama utama di atas, maka sekarang anda tinggal memasukkan nama domain yang anda inginkan sesuai nama bisnis online anda. Sebagai contoh saya ingin membeli domain dengan nama domain : contohdomainku.com, maka silakan inputkan nama domain tersebut pada bagian kolom pencarian domain, lalu tekan Cari. Kemudian selanjutnya tekan/klik tombol Tambah ke Keranjang Belanja, lalu selanjutnya klik tombol Checkout jika domain yang anda pilih tersedia untuk didaftarkan. Namun, jika domain yang anda daftarkan tidak tersedia, maka silakan anda bisa mencari alternatif nama domain lain yang sesuai brand dari bisnis anda hingga nama domain tersebut benar-benar bisa didaftarkan.


  • Langkah 3 yaitu Konfigurasi Pesanan

Pada langkah ketiga ini, anda harus menentukan konfigurasi untuk pemesanan anda. Apakah anda hanya ingin membeli domain saja, atau ingin membeli domain dan hosting. Jika anda ingin membeli domain saja, maka tidak perlu anda mengklik tombol hosting, namun jika anda ingin membeli domain dan hosting, maka anda harus mengklik tombol “klik untuk menambahkan, kemudian silakan anda klik Lanjutkan. Maka secara otomatis sistem akan berkerja sesuai perintah anda.

Kemudian setelah itu, anda klik check out jika pemesanan domain maupun hosting sudah anda tentukan. Atau jika anda mempunyai kupon atau kode promo maka bisa anda masukan di halaman ini. Kemudian terakhir silakan klik Checkout.

Sebagai catatan bahwa di halaman review & checkout di atas menginformasikan tentang sejumlah besar biaya untuk pembayaran domain atau hosting yang anda pesan.

  • Langkah 4 yaitu Checkout

Di halaman Checkout ini, selanjutnya anda akan diinstruksikan untuk mengisi data diri atau informasi seputar diri anda. Harap anda isi data diri dengan jelas dan bukan mengisi data yang palsu.

Pastikan bahwa anda mengisinya dengan lengkap. Silakan anda isi mulai dari nama depan anda, kemudian disusul dengan nama akhir anda, alamat email, nomor handphone, dan seterusnya.

Setelah itu anda juga harus mengisi data-data lain seperti informasi registran domain, keamanan akun (Account Security), dan detail pembayaran (Payment Details).

  • Langkah 5 yaitu Menyelesaikan Pesanan.

Langkah kelima atau terakhir ini adalah lanjutan dari langkah sebelumnya, yaitu menyelesaikan pesanan. Silakan anda juga bisa mengganti metode pembayaran (Payment Gateway Charges), atau ingin menambahkan catatan pesanan tertentu (Additional Notes). Jika sudah mantap, maka silakan berikan ceklis bahwa anda telah membaca dan menyetujui peraturan persetujuan klien. Selanjutnya silakan anda klik tombol “Selesaikan Pesanan“.

Setelah anda menyelesaikan pesanan, maka di akhir proses pendaftaran ini maka anda akan mendapatkan notifikasi berupa halaman “Tagihan Profarma“. Di halaman ini anda dapat melihat apakah anda sudah membayar atau belum. Jika pesanan Belum Dibayar, maka silakan dibayar sesuai Jatuh Tempo yang diberikan. Anda bisa melakukan pembayaran melalui rekening bank (transfer) melalui nomor rekening yang disediakan oleh pihak MasterWeb. Setelah pembayaran selesai, maka akan ada informasi lebih lanjut yang disampaikan pihak MasterWeb ke alamat email atau nomor handphone dan Whatsapp yang telah anda daftarkan.

Itulah langkah-langkah mudah dan praktis ketika anda akan mendaftarkan domain dan hosting di MasterWeb Indonesia.

Setelah anda memesan domain dan hosting di MasterWeb, kini saatnya anda bekerja secara profesional sesuai bidang bisnis anda.

5. Bekerja Profesional

Domain dan hosting sudah anda daftarkan di MasterWeb.com, maka kini saatnya anda bekerja secara profesional. Tugas anda sekarang adalah memberikan job desripsi dan menyerahkannya kepada karyawan anda. Sekarang, libatkan karyawan anda untuk mengelola website bisnis anda sesuai tugas sesuai yang anda perintahkan. Tugas karyawan bisa secara kontinyu mengunggah produk yang anda jual di website toko online anda. Misalnya jika toko online yang anda bangun untuk penjualan bibit tanaman, maka upload semua produk bibit tanaman ke dalam website. Jangan ragu kawan, jika hosting di websitemu penuh, maka sewaktu-waktu anda bisa mengupgradenya ke tingkat yang lebih tinggi. Anda dapat memesan paket VPS di MasterWeb Indonesia, tentunya dengan harga murah dan terjangkau.

6. Promosikan Bisnis Online ke Masyarakat

Website yang telah anda bangun harus dipromosikan kepada masyarakat umum. Mengapa ini perlu dilakukan karena bisnis tanpa promosi sama dengan bohong, atau tidak akan berjalan efektif, efisien, dan menguntungkan. Promosi website bertujuan untuk menjaring pasar, membangun kepercayaan (trust), keterikatan calon pembeli terhadap produk yang dijual (engagement), dan meningkatkan penjualan produk secara reguler. Bayangkan jika sebuah perusahaan atau usaha bisnis online tanpa dipromosikan, maka tidak ada satupun orang yang akan mengenal produk kita. Bahkan, yang terparah tidak ada konsumen yang membeli.

7. Perkuat Branding Produk yang Dijual

Memperkuat branding produk yang dijual juga sangat penting dilakukan, misalnya memberikan harga-harga diskon, kupon gratis, flash sale, gratis 1 jika membeli produk bibit jenis A, misalnya, dan seterusnya. Dengan melakukan banyak promosi yang murah, harga jual terjangkau tentu ini akan memberikan daya tarik kepada masyarakat untuk membeli produk yang dijual lebih masif.

Penting diingat bahwa, para pembeli ini sebenarnya ingin membeli suatu produk yang ditawarkan tentunya dengan harganya murah, terjangkau. Apalagi jika ongkos kirim (ongkir) untuk mengantarkan produk yang mereka pesan tersebut murah dan cepat tentu sangat disukai konsumen. Selain itu, pengemasan produk (packing) yang rapih dan aman juga sangat disukai konsumen saat berbelanja online di toko anda.

8. Evaluasi Produk yang Dijual

Evaluasi merupakan tahapan penting ketika membangun bisnis online. Evaluasi harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari sistem management perusahaan, produk yang dijual, kinerja karyawan, untung-rugi per semester dan lain sebagainya.

Evaluasi produk bisa mengecek berbagai hal seperti persaingan harga di pasaran, cocokkah harga produk dengan pangsa pasar, atau apakah produk yang dijual selama ini mempunyai harga yang terjangkau dan diminati masyarakat luas. Selain itu, evaluasi lain bisa lebih mengarah kepada kinerja karyawan. Kinerja karyawan bisa dilihat dari seberapa aktif mereka bekerja, serta target-target besar apa yang sudah dipersembahkan karyawan anda untuk bisnis yang telah anda bangun.

Kesimpulan:

Dari kedelapan faktor di atas hanyalah beberapa gambaran penting ketika anda ingin merintis bisnis online agar sukses. Karena kesuksesan itu sebenarnya lebih dekat pada orang-orang yang mau mencoba sesuatu hal yang baru. Sikap pantang menyerah dan selalu bereksperimen untuk target pasar toko online anda sangat penting dipertimbangkan. Hal-hal inilah yang nantinya akan membuat bisnis online anda lebih dikenal masyarakat luas, tumbuh, berkembang dan sukses dalam jangka waktu panjang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR