3 Cara Mengetahui Pisang Sudah Tua atau Belum

Tidak semua petani mampu mendeteksi buah pisang sudah tua atau belum. Sebab, ada beberapa petani pemula/orang yang belum bisa membedakan antara pisang sudah tua atau belum karena setiap buah pisang punya karakteristik sendiri-sendiri.

Buah pisang sudah tua
Buah pisang sudah tua dan siap dipanen (Doc. Oleh Wahid Priyono,S.Pd.)

Untuk mendeteksi buah pisang yang sudah tua, bisa secara langsung melihat pada bagian kulit buahnya.

  • Untuk buah pisang yang berkulit kuning (contohnya pisang muli) yaitu dengan cara memperhatikan bahwa kulitnya sudah secara keseluruhan warnanya kuning cerah. Biasanya diikuti dengan adanya jantung pisang yang mulai mengecil dan membusuk;
  • Untuk buah pisang yang berkulit hijau (contohnya pisang kepok, pisang ambon, dll), maka untuk mendeteksinya cukup meyakini bahwa permukaan kulitnya berwarna hijau tua dan jika dipegang buahnya sudah nampak berisi;
  • Sama halnya untuk buah pisang yang memiliki kulit berwarna ungu (agak kemerahan) yakni dengan meyakini bahwa buah sudah nampak padat berisi, serta permukaan kulitnya bercorak ungu terang.

Semoga informasi di atas bermanfaat sebagai referensi untuk bapak dan ibu petani di Indonesia. Silakan baca juga: Tanda-Tanda Jeruk Matang di Pohonnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *