3 Cara Menanam Cabe Biar Subur dan Buahnya Lebat

Memperoleh hasil panen cabe yang banyak tentu saja menjadi idaman semua para petani di Indonesia. Termasuk saya juga yang pernah membudidaya cabe di lahan persawahan, memang cukup senang jika jerih payah selama menanam dan merawat cabe terbayarkan dengan hasil (buah) cabe saat dipanen dengan hasilnya melimpah. Sungguh suatu penghargaan bahwa hasil yang diperoleh tidak pernah mengkhianati proses.

Untuk mendapatkan hasil panen maksimal, maka sebisa mungkin tanaman cabe harus dalam kondisi subur dan tanahnya gembur. Kesuburan tanaman cabai dapat diamati dari beberapa indikator penting seperti; daunnya lebat diiringi buah lebat, batang dan akarnya kokoh, bunga-bunganya tumbuh lebat.

Cabe Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Berbuah Lebat, Photo Original by: FB/KPCI.

Adapun cara/teknik untuk menanam cabe biar subur dan berbuah banyak dapat dilakukan dengan cara:

  • Pemupukan, adalah hal sangat penting dalam budidaya cabe. Pemupukan bertujuan untuk menambahkan nutrisi (unsur hara) ke dalam tanah, sehingga penyerapan unsur hara akan dilakukan oleh rambut-rambut akar secara difusi. Pemupukan sebaiknya disesuaikan juga dengan umur tanaman, dengan memperhatikan dosis per umur tanaman akan memperkecil angka kegagalan panen. Sebagai panduan, silakan baca: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.
  • Penyiraman, adalah faktor paling penting untuk menjaga agar tanaman cabe tidak mengalami krisis air (dehidrasi). Sama halnya dengan pemupukan, faktor penyiraman juga bertujuan menjaga kelembaban tanah; Selengkapnya baca: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.
  • Pastikan bahwa lahan tanaman cabe tidak terdapat banyak gulma di sekitar lokasi penanaman. Usahakan lahan tanam bersih dari gulma/rumput liar, sebab gulma adalah vektor tempat paling bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan larva hama;

Itulah penjelasan di atas terkait tentang perawatan tanaman cabe agar hasilnya lebih optimal. Silakan baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.

PESAN SPONSOR