Dosis/Takaran NPK 16-16-16 untuk Tanaman Buah Kelengkeng (Semua Umur)

Pupuk NPK mutiara atau NPK 16-16-16 saat ini banyak dijual bebas dipasaran, baik secara subsidi maupun tidak. Namun, kebanyakan memang petani buah dan sayur sangat menyukai pupuk ini sebab mengandung banyak unsur hara Nitrogen (N), Phosfor (P), dan unsur Kalium (K). Semua unsur hara tersebut adalah unsur hara makro yang artinya sangat dibutuhkan sekali oleh tumbuhan untuk melangsungkan aktvitas fisiologisnya.

Tanaman kelengkeng mulai berbuah lebat dengan NPK 16-16-16 (Photo Original by Wahid Priyono (dalam: https://guruilmuan.blogspot.co.id/2016/05/cara-merawat-pohon-kelengkeng-agar.html)

Banyak petani memanfaatkan pupuk NPK 16-16-16 untuk tanaman buah dan sayur, termasuk untuk tanaman buah apel, jeruk, manggis, alpukat mangga, rambutan, salak, delima, nangka, cempedak, durian, melon, mentimun, semangka, gambas, dan kelengkeng, maupun yang lainnya. Memang petani sering sekali mengaplikasikan pupuk tersebut guna menambahkan unsur hara dalam tanah. Mereka percaya bahwa pupuk NPK 16-16-16 ini mampu meningkatkan produksi bunga dan buah.

Pada tanaman buah kelengkeng cangkok yang baru ditanam yang masih berumur 1 bulan, sebaiknya diberikan pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 0,1 kg/tanaman. Untuk bulan kedua diberikan pupuk yang sama dengan dosis 0,2 kg. Umur tanaman kelengkeng 3 – 11 bulan bisa diberikan pupuk yang sama dengan dosis 0,3 gram. Bahkan jika sudah berumur 1 tahun lebih maka tanaman kelengkeng bisa diberikan pupuk NPK mutiara 16-16-16 dengan dosis 0,5 kg.

Untuk tanaman kelengkeng yang sedang dalam perawatan di atas umur 1 tahun lebih, maka sebaiknya pemberian dosis pupuk NPK 16-16-16 cukup 0,7 kg saja. Dan pada saat tanaman kelengkeng atau tanaman buah lainnya menginjak masa pembungaan (sedang proses pembentukan bunga dan buah) maka bisa diberikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 1 kg saja. Semua aplikasi pupuk tersebut dengan cara dibuat larikan mengelilingi pusat tumbuh akar tanaman, lalu pupuknya dipendam/dibenam di dalam larikan tersebut.

Bisa juga pada saat pohon buah kelengkeng dan tanaman buah jenis lainnya sudah mendekati waktu pembungaan bisa anda berikan larutan pupuk NPK 16-16-16 tersebut dengan cara dikocor yaitu dilarutkan dalam air. Jadi, 1 kg pupuk NPK 16-16-16 tersebut dicampurkan dengan 6 Liter air, kemudian dicampur sampai rata. Setelah itu baru diberikan 400 ml pertanaman (disiram di bawah akar/pusat tumbuh tanaman). Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda bapak/ibu tani di Indonesia. Silakan anda baca juga artikel pertanian berikut ini: Siklus Nitrogen: Nitrifikasi dan Pengurangan Nitrat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *