Unsur Hara Penting Untuk Tanaman Cabe Agar Lebih Cepat Berbuah Lebat

Agar laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe lebih optimal, maka unsur hara/nutrisi dan air perlu diberikan pada tanaman cabe secara teratur.

Oleh sebab itu, siramlah secara teratur tanaman cabe yang sedang berada dalam masa pertumbuhan, terutama pada bibit tanam cabe yang baru disemai atau dipindahkan ke wadah polybag dan di lahan bedengan. Waktu penyiraman cabe alangkah baiknya dilakukan pada waktu sore hari menjelang waktu petang.

Pupuk Jerami
Pupuk Jerami Padi. Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (Tipspetani.com).

Penyiraman yaitu salah satu langkah (tahapan) dalam perawatan tanaman cabe, dan sebaiknya gunakan air bersih pada waktu penyiraman tanaman cabe, air harus bersih dan terbebas dari bahan pencemar seperti polutan cair, limbah industri pabrik, pestisida, dan senyawa kimia berbahaya lainnya. Baca juga panduan selengkapnya: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Nutrisi hara yang tak kalah pentingnya diberikan pada tanaman cabai seperti pupuk kandang dari kotoran ternak yang telah difermentasikan/dikeringkan, atau dapat menggunakan larutan pupuk phonska cair yang terbukti telah mampu mendongkrak hasil panen cabe supaya lebih maksimal (lebat). Cara pembuatan larutan pupuk phonska cair sangat mudah dan pastinya anda bisa, silakan baca panduannya: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Adapun untuk pemberian nutrisi hara ini harus dilakukan secara teratur, intensif, dan disesuaikan juga dengan umur tanam, serta jenis tanah di lokasi penanaman. Baca: 4 Nutrisi Organik Untuk Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Banyak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *