Umur Waluh dan Pare Belut yang Siap Dipanen

Waluh dan pare belut merupakan dua jenis tanaman yang masih dalam satu marga, sebab ciri morfologis dari kedua tanaman tersebut memiliki sulur sebagai organ untuk melilitkan batangnya pada tiang penyangga/tiang ajir/para-para.

Beberapa petani sering membudidaya kedua jenis tanaman ini, sebab mereka beranggapan bahwa mudah sekali dalam membudidaya waluh maupun pare belut.

Pembudidayaan pare belut dan waluh yang tepat berdasarkan pengalaman yakni di lahan persawahan yang memiliki kondisi tanah lembab, tanahnya jenis lempung berpasir, serta penyiraman yang tidak hanya mengandalkan dari air sungai, tapi paling bagus langsung dari air hujan/disiram manual.

Perkebunan Pare Belut Organik di Lahan Persawahan

Perkebunan Pare Belut Organik di Lahan Persawahan, Photo Original: Wahid Priyono (tipspetani.com).

Menginjak waktu pembungaan hingga panen, ini adalah saat-saat tepat bagi seorang petani, sebab banyak sekali di lingkungan petani pare belut dan waluh yang mengeluhkan bahwa pada masa pembungaan, seringkali diserang hama atau dikarenakan tanamannya kekurangan unsur hara nitrogen dan pupuk sehingga proses pembentukan bunga waluh dan juga bunga pare belut menjadi tidak sempurna, dan terkadang yang lebih parahnya adalah bunga rontok sebelum menghasilkan buah yang ideal.

Selain itu, faktor serangan hama dan penyakit pada tanaman merupakan dua hal yang perlu diperhatikan petani untuk sukses dalam budidaya pare belut maupun waluh. Namun, jika proses perawatannya sudah bagus, maka sangat dijamin hasil panenpun akan semakin membaik.

Berdasarkan wawancara dan tanya langsung dengan paman saya yang kebetulan juga sering menanam pare belut dan waluh, mengatakan bahwa untuk rata-rata umur panen kedua tanaman itu adalah sebagai berikut:

  • Tanaman Waluh: Akan mulai berbunga sekitar umuran , 3,5 bulan dan tanaman sudah mulai menghasilkan buah dan siap panen umumnya di umur 4 bulan atau lebih sejak tanam awal.
  • Tanaman Pare Belut: akan mulai berbunga sekitar umur tanam 3 bulan dan akan mulai menghasilkan buah yang siap dipanen kisaran umur 3,5 bulan ke atas, hal ini tentu saja dipengaruhi faktor perawatan tanaman, tergantung bisa cepat atau lambatnya, sekali lagi tergantung perawatan diterapkan oleh petani yang bersangkutan.

Itulah tadi rata-rata umur panen pada tanaman waluh dan pare belut, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang mungkin masih petani pemula dan ingin mencoba membudidaya kedua tanaman tersebut. Dikutip dari referensi lainnya, silakan klik dan baca juga artikel di bawah ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *