Tujuan Pendangiran serta Penyiangan Pada Tanaman Cabe

Pendangiran dan penyiangan merupakan kegiatan pertanian yang cukup penting, serta peranannya dalam membantu tanaman cabe untuk tumbuh secara optimal.

Pendangiran merupakan tindakan yang dilakukan petani dengan cara membuat lahan tanam menjadi lebih gembur tanahnya (di sekitar tempat tumbuh tanamannya). Penggemburan lahan (pendangiran) ini dilakukan secara teratur/rutin, setidaknya setiap 1 bulan sekali. Gunakan alat penggembur lahan tanam berupa pencong/sekop kecil, atau alat khusus yang memang digunakan untuk penggemburan lahan tanaman cabe.

Cabe Merah di Bukit
Cabe Merah di Lahan Perbukitan, Photo Original by: Wahid Priyono (Tipspetani.com).

Sembari melakukan pendangiran, bisa dilakukan juga penyiangan sekaligus agar hasilnya lebih maksimal. Penyiangan sendiri merupakan tindakan yang dilakukan oleh petani untuk mengurangi/memberantas gulma (rumput-rumput) liar yang tumbuh di area lahan tanam, sehingga keberadaan gulma ini menjadi parasit bagi tanaman budidaya, termasuk dalam pembudidayaan cabe.

Penyiangan bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan dengan mencabut gulma, atau menggunakan peralatan khusus untuk penyiangan seperti pencong/sekop kecil, cangkul kecil, dan atau alat khusus untuk penyiangan lahan bedengan.

Dengan melakukan penyiangan dan pendangiran, maka diharapkan tanaman cabe dapat tumbuh lebih maksimal. Semoga sedikit informasi sederhana di atas bermanfaat untuk anda. Salam budidaya pertanian. Hidup petani nusantara. Jangan lupa baca juga: Apakah Pupuk Kotoran Ayam Baik untuk Tanaman Budidaya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *