tanaman cabe butuh sinar matahari cukup sepanjang hari?

Kehidupan tanaman cabe selain dipengaruhi oleh unsur-hara, juga sangat bergantung pada jumlah sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Cahaya dibutuhkan tanaman cabe untuk proses fotosintesis menghasilkan makanan yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang, metabolisme, bergerak, dan lain sebagainya.

Setiap tanaman membutuhkan cahaya, maka termasuk pada tanaman cabe juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk membantu dalam proses fotosintesis.

Tanaman Cabe Subur
Tanaman Cabe Berbuah Lebat dan Subur dengan Kondisi Sinar Matahari Cukup Maka Buahnya Lebat. 

Pada tanaman cabe yang baru disemai/ditanam di wadah pot polybag sebelum dipindahkan ke lahan terbuka (lahan bedengan), maka sebaiknya tanaman cabe harus mendapatkan penyinaran cahaya matahari yang cukup sepanjang hari.

Penyinaran yang cukup juga dapat membantu tanaman cabe memiliki batang serta pertumbuhan organ yang proporsional. Sebaliknya, jika tanaman cabe yang disemai diletakan pada tempat tertutup (tanpa cahaya), maka pertumbuhan batangnya justru akan tinggi-tinggi, organ tanaman terlihat tidak segar, sebab terjadi peristiwa etiolasi. Etiolasi yaitu pemanjangan batang tanaman di tempat gelap.

Jadi kesimpulannya bahwa sangat penting sekali dalam penanaman tanaman cabe mendapat sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Imbangi juga dengan penyiraman tanaman jika lahan bedengan kering, karena faktor kemarau, atau kondisi air yang sangat minim. Dengan melakukan penyiraman pada tanaman cabai, maka kondisi kelembaban tanahnya semakin terjaga dan tentu saja hal ini akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan cabe semakin bagus, daunnya hijau terbebas hama dan penyakit, serta akan mampu menghasilkan buah lebat. Selengkapnya: Apakah Tanaman Cabe Membutuhkan Sinar Matahari yang Cukup?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *