Takaran/Dosis Penggunaan MSG/Vetsin/Ajinomoto untuk Tanaman Bunga, Buah, dan Sayur

Monosodium Glutamate (MSG) merupakan penyedap rasa buatan yang disintesis oleh pabrik. MSG banyak sekali diproduksi dan dijual di pasaran sebagai bumbu dapur. Contoh MSG misalnya adalah vetsin, ajinomoto, sasa, dan bumbu-bumbu lain yang mengandung penyedap buatan. Namun taukah anda bahwa MSG/vetsin/ajinomoto ini banyak dimanfaatkan sebagai pupuk anorganik yang konon mampu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman bunga, buah, dan sayur. Memang benar sekali, bahwa ajinomoto/MSG/vetsin dapat mempercepat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman akan jauh lebih subur.

MSG/ajinomoto/vetsin banyak di jual di pasaran dengan harga terjangkau. Untuk ajinomoto banyak ukurannya, ada yang 500 gram, 50 gram, 10 gram, dan lain sebagainya. Penggunaan MSG ajinomoto ini harus disesuaikan dengan tingkat usia tanaman. Sebaiknya jika akan diaplikasikan pada tanaman sebaiknya umur tanaman lebih dari 30 hst (hari sejak tanam). Atau aplikasinya bisa mendekati waktu pembungaan dan tanaman mulai menghasilkan buah. Pada masa pembibitan sebaiknya tidak menggunakan pupuk MSG ajinomoto ini, sebab berdasarkan pengalaman penulis akan menyebabkan akarnya menguning, batang tanaman mudah rapuh, dan daunnya mengalami klorosis lebih cepat.

Untuk beberapa tanaman bunga, tanaman buah maupun sayur bisa menggunakan pupuk cair MSG ajinomoto ini untuk membantu dalam percepatan pertumbuhan. Namun, penting sekali memperhatikan takaran dan dosis ajinomotonya untuk tanaman-tanaman tersebut.

Efisiensi Distribusi Air
Tanaman tomat tumbuh subur dan berbuah lebat dengan penambahan pupuk cair MSG Ajinomoto sesuai dosis. (Wahid Priyono, S.Pd.)

Untuk membuat larutan MSG/ajinomoto caranya adalah: Siapkan air sebanyak 1 Liter, lalu masukkan dalam ember. Setelah itu masukan MSG ajinomoto ukuran 50 gram, lalu aduk sampai merata. Jadi, 1 Liter larutan MSG ajinomoto yang sudah dibuat adalah larutan murni yang siap diaplikasikan sesuai dosis berikut:

  • Dosis/takaran ajinomoto untuk tanaman bunga (bunga anggrek, melati, mawar, tulip, asoka, kaktus, dan lain sebagainya) yaitu 200 mL/tanaman
  • Dosis/takaran ajinomoto untuk tanaman buah (cabe, tomat, mentimun, waluh, semangka, jeruk, melon, dan lainnya) yaitu 300-400 mL/tanaman
  • Dosis/takaran ajinomoto untuk tanaman sayur (kangkung, bayam, gambas, terong, kacang panjang, dan lain sebagainya)¬† yaitu 200-300 mL/tanaman
  • Dosis/takaran ajinomoto untuk tanaman perkebunan; sawit, durian, sawo, kelengkeng, duku, lada, tanaman kopi, kelapa yaitu 800-1000 mL/tanaman

Dengan mengikuti dosis di atas, maka tanaman akan tumbuh secara normal, tidak mengalami gangguan fisiologi, maupun pertumbuhannya semakin baik. Semoga bermanfaat baca juga: Cara Memperkuat Akar dan Batang Tanaman.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *